Tashbih dan Tujuannya dalam Novel Al Fadilah oleh Mushtafa Luthfi Al Manfaluthi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Rizqiyatul (2012) Tashbih dan Tujuannya dalam Novel Al Fadilah oleh Mushtafa Luthfi Al Manfaluthi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqiyatul Hidayati_A01208024.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10199

Abstract

Tashbih dan Tujuannya dalam Skripsi ini menjelaskan tentang Tashbih dan tujuanya yang ada dalam novel al-Fadilah karya Mushtafa Luthfi al Manfaluthi. Masalah yang diteliti dalam novel ini adalah (1) apa pengertian dari Tashbih? (2) apakah tujuan-tujuan Tashbih dalam novel al-Fadiah? (3) apakah novel al-Fadilah itu?.Berkenaan dengan itu dalam penelitian literature ini, peneliti melakukan pendekatan dengan salah satu ilmu Balaghah yaitu ilmu Bayan khususnya Tashbih. Metode yang digunakan adalah metode Bayani dan Tahlili agar penelitian ini dapat tergali dengan baik.Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Tashbih adalah penjelasan bahwa suatu hal atau beberapa hal memiliki kesamaan sifat dengan hal lain, dengan menggunakan huruf kaf atau sejenisnya baik tersurat maupun tersirat.Novel al-Fadilah adalah Novel karya sastrawan prancis yaitu Bernardin de Saint Pierre yang berjudul asli Paul et Virgini novel tersebut dinukil dan diterjemahkan oleh Mushtafa Luthfi al Manfaluthi dari bahasa Prancis ke dalam bahasa Arab dengan judul al Fadhilah.Macam-macam Tashbih yang ditemukan dalam novel al-Fadilah adalah delapan macam tasbih dari sembilan macam Tashbih menurut Ali Jarim dan Mushtafa Amin dalam kitab al-Balaghatul Waadhihah sebagai berikut: Tashbih al-Mursal, Tashbih al-Muakkad, Tashbih al-Mufasal , Tashbih al-Mujmal, Tashbih al-Baligh, Tashbih al- Tamthil, Tashbih al-Ghairu Tamthil, Tashbih al-Maqlub.Tashbih-Tashbih dalam novel al-Fadilah tersebut bertujuan untuk menjelaskan keadaan mushabbah, menjelaskan kadar keadaan mushabbah, menegaskan keadaan mushabbah, memperindah mushabbah dan memperburuk mushabbah .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, RizqiyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Tashbih; Novel al Fadilah; Mushtafa Luthfi al Manfaluthi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2012
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item