PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INTEGRASI MIND MAPPING DAN CONCEPT MAPPING PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DI MTS SUNAN KALIJOGO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, M. Sokhif (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INTEGRASI MIND MAPPING DAN CONCEPT MAPPING PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DI MTS SUNAN KALIJOGO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Sebuah pembelajaran matematika yang baru digunakan adalah pembelajaran dengan berbasis metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping. Pembelajan ini sangat efektif untuk membangun pemahaman siswa mengenei materi operasi pecahan aljabar. Karena dalam penggunaan metode pembelajaran tersebut, siswa berperan aktif dengan melalui membangun pemahaman siswa, berdiskusi dengan teman dalam kelompok kecil yang telah dibentuk, dan mendiskusikan bersama di kelas. Atas alasan inilah, penulis termotivasi untuk mengadakan penelitian di Mts Sunan Kalijogo Surabaya kelas VII.
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain, (1) Bagaimanakah proses pengembangan pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping pada materi aljabar kelas VII di MTs Sunan Kalijogo Surabaya, (2) Bagaimanakah kevalidan perangkat pembelajaran dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping, (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa sesudah dilaksanakanya pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping, (4) Bagaimanakah minat dan respon siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping pada materi operasi pecahan aljabar, (5) Bagaimanakah keefektifan pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping.
Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan masalah tersebut, maka penulis menggunakan lima intrumen pengumpulan data, yaitu RPP, LKS, Soal Test, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus Pre-Test dan Post-Test, serta menggunakan uji t.
Adapun hasil penelitian yang didapat yaitu (1) bahwa proses pembelajaran dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping meniliki tiga tahap, yaitu define berupa tujuan (siswa dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perangkatan pada pecahan aljabar), design berupa LKS (sangat memuaskan), dan develop berupa RPP (dinilai baik) (2) Perangkat pembelajaran dinilai valid. (3) Nilai siswa dikategorikan baik sesudah dilaksanakanya metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping. (4) sedangkan respon siswa termasuk dikategorikan baik baerdasarkan jawaban angket siswa sebesar siswa berminat dan merespon, sedangkan siswa kurang berminat dan kurang merespon sebesar 19,78 %. (5) Pembelajaran matematika dengan metode integrasi mind mapping dan concept mapiing dikatakan sangat efektif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. SAEPUL HAMDANI
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, M. SokhifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Integrasi; Mind Mapping; Concept Mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2013
Last Modified: 02 Apr 2015 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10421

Actions (login required)

View Item View Item