POLA INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP : STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diran, Achmad (2013) POLA INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP : STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 SURABAYA. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam keluarga memiliki nilai strategis dalam pembentukan kepribadian anak, oleh karena itu, belajar merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia sejak lahir. Dengan demikian, Pembelajaran PAI merupakan paduan dari berbagai disiplin ilmu sosial yang telah diolah, diseleksi sedemikian rupa untuk kepentingan anak didik sebagai makhluk sosial. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan nilai-nilai yang ada di rumah untuk dikembangkan di sekolah melalui pembiasaan, 2) integrasi nilai-nilai yang ada di rumah kedalam pembelajaran PAI di sekolah, 3) persepsi siswa tentang pengintegrasian nilai-nilai pendidikan keluarga, untuk membangun kesadaran lingkungan hidup.
Melihat nilai-nilai yang diterapkan di rumah, yang akan dikembangkan di sekolah, semua itu tergantung kepada kebiasaan si anak yang dilakukan di rumahnya. Keluarga pada hakekatnya merupakan satuan terkecil sebagai inti dari suatu sistem sosial yang ada di masyarakat.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang tidak mengandung angka-angka, melainkan berupa kata-kata, gambar, dan sebagainya.
Nilai-nilai yang ada di rumah yang dikembangkan di SMA Negeri 9 Surabaya Cinta Allah dan segenap makhluk-Nya (love Allah, trust, reverence, loyality), Kemandirian dan tanggungjawab masalah lingkungan hidup (responsibility, excellence, self reliance, discipline, orderlines), Kejujuran, amanah, membina kesadaran akan perlunya mengatasi masalah kemerosotan kualitas lingkungan hidup, (trustworthhiness, reliability, honesty), Bijaksana dan santun mengembangkan penguasaan keterampilan yang diperlukan untuk membina keluarga yang bertanggung jawab (respect, courtessy, obedience.), Percaya diri, kreatif dan pekerja keras mengembangkan nilai dan sikap positif yang mengarah kepada pembentukan keluarga dalam lingkungan hidup yang serasi, (comfidence, assertiveness, creativity, resourcefulness, courage, determination and enthusiasm), Baik dan rendah hati dalam kegiatan yang menyangkut usaha peningkatan kualitas dan keserasian dan keseimbangan lingkungan hidup, (kindness, friendliness,humility, modesty). Ternyata pengintegrasian nilai-nilai pendidikan keluarga di sekolah tersebut mampu membangun kesadaran lingkungan hidup siswa untuk berbuat dan berperilaku yang positif, diantaranya siswa semakin taqwa kepada Allah, bersikap jujur dan bertanggung jawab, disiplin, serta telah dapat memanfaatkan lahan dan fasilitas sekolah sesuai kaidah pendidikan lingkungan hidup.
Untuk penerapannya perlu adanya dukungan, arahan, dan bimbingan baik dari orang tua siswa itu sendiri, maupun dari gurunya di sekolah terutama dari guru PAI. Pengambil kebijakan serta pengamat dan pemerhati dalam bidang pendidikan, diharapkan akan tumbuh kesadaran, bahwa dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembelajaran PAI, akan menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual sebagai instrumen untuk membentuk pribadi yang positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diran, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Integrasi; Nilai-nilai Pendidikan; Kesadaran Lingkungan Hidup
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2013
Last Modified: 25 Aug 2016 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item