PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN UTAMA TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS II MI MIFTAHUL ULUM 2 NGULING PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiana, Istiana (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN UTAMA TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS II MI MIFTAHUL ULUM 2 NGULING PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA sering dihadapkan pada masalah di mana peserta didik tidak dapat memahami materi yang telah dipelajari sebelumnya. Akibatnya, tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tidak dapat tercapai secara maksimal. Hal ini terbukti dari pengamatan yang telah dilakukan pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum 2 Nguling Pasuruan saat pembelajaran IPA. Dari hasil ulangan tentang mata pelajaran IPA tersebut didapat persentase ketuntasan hanya 46,15 % dari 13 siswa hanya 6 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA Materi bagian- bagian utama tumbuhan bagi siswa kelas II MI Miftahul Ulum 2 Nguling Pasuruan dan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II MI Miftahul Ulum 2 Nguling Pasuruan pada pembelajaran IPA materi bagian-bagian utama tumbuhan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tempat penelitian dilakukan di MI Miftahul Ulum 2 Nguling Pasuruan kelas II Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan lembar observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan CTL pada pembelajaran IPA materi Bagian-bagian Utama Tumbuhan di kelas II MI Miftahul Ulum 2 Nguling Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik. Dengan demikian penerapan CTL pada pelaksanaan pembelajaran tiap siklus semakin baik.
Perolehan hasil belajar IPA materi Bagian-bagian Utama Tumbuhan dengan penerapan CTL ini pada setiap siklus baik hasil belajar yang berupa aktivitas belajar maupun yang berupa hasil tes mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I presentase keberhasilan tindakan sebesar 70% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 84,45% (sangat baik). Sedangkan untuk hasil tes pada pratindakan, rata-rata hasil belajar siswa 47,31, pada siklus I meningkat menjadi 70,15, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,85. Namun demikian, masih ada 2 siswa yang dinyatakan belum tuntas karena nilainya kurang dari KKM yang ditetapkan yaitu 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suparto
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiana, IstianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar; Materi Bagian-Bagian Utama Tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2015 02:50
Last Modified: 23 Feb 2015 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item