HADLARA WA JA'A WA DILALATUHUMA FI AL QUR'AN AL KARIM: DIRASAH DILALIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernawati, Eni (2013) HADLARA WA JA'A WA DILALATUHUMA FI AL QUR'AN AL KARIM: DIRASAH DILALIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Alquran merupakan kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi manusia. Sungguh tidak ada arti sebuah nilai nilai yang terkandung dalam Alquran jika tidak memahami makna yang terkandung di dalam Alquran. Bahasa Arab merupakan bahasa Alquran, maka dengan memahami bahasa arab tentunya akan mempermudah dalam memahami makna dalam Alquran. Dalam mempelajari bahasa arab terdapat beberapa ilmu penting, yakni salah satunya adalah Ilmu Dilalah atau ilmu makna yang mana di dalamnya dibahas mengenai segala aspek yang mempengaruhi makna sebuah kata ataupun kalimat.
Dari itu semua pada pembahasan ini penulis mengambil judul HADHORO DAN JAA A DAN SEGI SEMANTIKNYA DI DALAM ALQURAN PENELITIAN SEMANTIK, dua kata ini memiliki arti yang berdekatan atau bisa dikatakan memiliki persamaan arti, disamping mempunyai persamaan tentunya juga memiliki perbedaan arti. Maka begitu banyak para ahli tafsir memaknai dua kata tersebut dengan makna yang berbeda beda. Dengan itu, penulis ingin menganalisis kalimat hadhoro dan jaa a dalam bentuk fiil dan isim, dengan memakai pendekatan Ilmu Dilalah atau semantik.
Dengan cara pendekatan ini pembaca akan mudah untuk memahami makna kata hadhoro dan jaa a yang terdapat di dalam Alquran secara terperinci, dan juga pembaca dapat memahami bagian dari pada perbedaan dan persamaan antara dua arti kata tersebut di dalam Alquran.
Berikut adalah beberapa perbedaan dan persamaan antara kata hadhoro dan jaa a di dalam Alquran
Kata jaa a memiliki lebih banyak disebutkan dalam Alquran daripada kata hadhoro. fariasi kata jaa a didalam Alquran terdapat dalam dengan bentuk yang bermacam macam dari pada hadhoro.
Antara makna hadhoro dan jaa a memiliki persamaan arti yaitu kehadiran atau kedatangan. Antara hadhoro dan jaa a masing-masing memiliki beberapa makna, antara lain sebagai berikut. hadhoro memiliki makna hadir, datang, tiba, hampir, menghadap, tertimpa. Jaa a memiliki makna datang, tiba, melakukan, sampai

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernawati, EniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
?? Sm ??
Keywords: Bahasa Arab; Tata Bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10525

Actions (login required)

View Item View Item