This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Imamah, Faidah Nur (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV MI RAUDLATUL MUTAALLIMIN TEGALREJO DATINAWONG BABAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (998kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Mata Pelajaran IPS adalah salah satu pelajaran yang memberikan wawasan pengetahuan luas tentang masyarakat setempat maupun masyarakat global agar bisa hidup bersama-sama dengan masyarakat lainnya. Mengingat pentingnya mata pelajaran IPS yang diajarkan di MI. Dalam hal ini penulis menemukan kekurangan yakni rendahnya daya serap siswa yang disebabkan dominannya proses pembelajaran yang konvensional, khususnya dalam materi kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan sumber daya alam pada kelas IV MI Raudlatul Mutaallimin Datinawong Babat Lamongan yang mempunyai rata-rata nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) = 75 yang sudah ditentukan sebelumnya. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan metode peta konsep. Dengan menggunakan metode peta konsep ini, maka siswa dibantu untuk dapat lebih mudah memahami materi dan lebih aktif di kelas. Maka ada rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode peta konsep pada pembelajaran IPS siswa kelas IV MI Raudlatul Mutaallimin Datinawong Babat Lamongan; (2) Apakah dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS di MI Raudlatul Mutaallimin Datinawong Babat Lamongan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan ciri-ciri penelitian tindakan kelas yang berdaur dengan tujuan meningkatkan hasil belajar pada siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MI Raudlatul Mutaallimin. Penelitian ini menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Peta Konsep | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 20 Apr 2015 02:21 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10565 |
Actions (login required)
View Item |