EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (CD) "BINA UCAP AL-QUR'AN" DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA KHADIJAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslachah, Dewi (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (CD) "BINA UCAP AL-QUR'AN" DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA KHADIJAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan sejauh mana keefektivitasan penggunaan media audio visual bina ucap Al-Qur’an yang diterapkan di sekolah yang memiliki kelengkapan fasilitas dalam proses pembelajarannya. Penulis juga ingin mengetahui adakah hubungan penggunaan media audio visual bina ucap Al- Qur’an yang efektif mempengaruhi hasil belajar siswa yang berkualitas pula.
Penelitian ini dilakukan di SMA Khadijah Surabaya dengan jenis penelitian yang bercorak kuantitatif asosiatif. Metode yang diterapkan oleh peneliti dalam proses pengumpulan data diantaranya adalah metode interview, kuisioner, observasi, dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dipaparkan secara deskriptif dan dianalisis
dengan menggunakan proses statistic product moment.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dalam menjawab rumusan masalah diantaranya : 1) bagaimana penggunaan media audio visual (CD) bina ucap Al-Qur’an dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an di SMA Khadijah Surabaya? 2) bagaimana
hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an di SMA Khadijah Surabaya? 3) Adakah efektivitas penggunaan media audio visual (CD) bina ucap Al-Qur’an dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Khadijah Surabaya?, Yaitu : 1) Bahwa penggunaan media audio visual "Bina Ucap Al-Qur’an" dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an di SMA Khadijah Surabaya termasuk cukup efektif, terbukti dengan perolehan prosentase yang tinggi yaitu 84%. Karena 84 % terletak antara 76-100, maka 84% masuk kategori sangat baik. 2) Hasil belajar siswa kelas X di SMA Khadijah pada mulok tartil Al-Qur’an tergolong baik sekali. Berdasarkan data yang diperoleh ada 95,8 % (10,4% + 47,9% + 37,5%) memperoleh diatas KKM. Jadi kesimpulannya 96% adalah hasil belajar siswa terhadap materi tartil al-qur’an mampu viii dipahami oleh siswa dengat sangat baik.3) Bahwasanya ada korelasi antara penggunaan media audio visual "bina ucap Al-Qur’an" yang diterapkan di SMA Khadijah Surabaya terhadap hasil belajar siswa. Dengan hasil akhir korelasi product moment 0,482 maka angka tersebut, apabila dikonsultasikan dengan nilai interpretasi product moment terletak antara 0,40-0,599 yang berarti cukup tingkat keefektivitasnya yang digunakan oleh mulok tartil al-qur’an.
Dari hasil yang ada, maka penggunaan media audio visual (CD) Bina Ucap Al- Qur’an yang diterapkan oleh guru SMA Khadijah Surabaya bisa menjadi contoh sekaligus inspirasi baru bagi sekolah- sekolah lain agar semakin berkembang dalam kemajuan pendidikan dan menambah semangat untuk mencetak generasi baru yang berwawasan qur’ani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Al Quddus Nes
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslachah, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Media Audio Visual; Hasil Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10619

Actions (login required)

View Item View Item