This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afgani, Mas Muhammad Iqbal Al (2013) TELAAH PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCIPTAKAN INSAN KAMIL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
abstraksi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini ada semata dikarenakan adanya permasalahan utama dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam, yaitu adanya stagnansi gerakan untuk maju dalam era global sekarang. Hal ini disebabkan adanya penyakit kelambanan yang menimpa umat Islam zaman ini, sehingga secara otomatis turut serta mempengaruhi kualitas dari pendidikan Islam secara keseluruhan.
Masalah yang diteliti ada dua, yang pertama tentang konsep pendidikan Islam dalam menciptkan Insan Kamil perspektif Muhammad Iqbal, dan berikutnya adalah relevansi pemikiran Muhammad Iqbal tentang konsep Pendidikan Islam dalam menciptakan Insan Kamil dengan realita Pendidikan Islam sekarang.
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan konsep Pendidikan Islam dalam menciptakan Insan Kamil perspektif Muhammad Iqbal. Untuk mendeskripsikan relevansi pemikiran Muhammad Iqbal tentang konsep Pendidikan Islam dalam menciptakan Insan Kamil dengan realita Pendidikan Islam sekarang.
Dalam penulisan Tesis ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research atau penelitian berbasis kepustakaan. Dengan metode analisis isi, analisis histori dan analisis deskriptif. Dikarenakan penelitian ini berbasis kepustakaan, maka yang berupa catatan, transkrip buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, catatan agenda dan sebagainya digunakan dalam proses pengumpulan datanya.
Pendidikan Islam menurut Iqbal, secara terpisah, makna dari kata pendidikan itu dipandang sebagai suatu keseluruhan daya budaya yang mempengaruhi kehidupan perorangan maupun kelompok masyarakat. Sedangkan makna kata Islam bagi Iqbal, adalah agama yang perlu dan wajib mendapat tempat yang paling utama dalam pendidikan.
Insan Kamil menurut Iqbal, harus melalui empat tahap. Yang pertama Cinta, Keberanian, Toleransi, dan Faqr.
Menurut Iqbal dan persepsi pendidikan Islam, perlu dibentuk konsep diri manusia dengan jelas dan baik yang berlandaskan nilai-nilai agama, sehingga mampu tercipta sosok-sosok Insan yang Kamil.
Terakhir, saran bagi umat Islam. Sejatinya tujuan dan akhir dari manusia itu adalah mengarah kepada pembentukan Insan Kamil. Diharapkan, semuanya berlomba-lomba menggapai derajat tersebut.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Insan Kamil | ||||||
Divisions: | ?? mag_sik ?? | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2015 03:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10842 |
Actions (login required)
View Item |