This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zuhri, M. Saifuddin (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SANTRI TERHADAP PEMBELAJARAN AL QURAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI TPQ BAITUL HIKMAH GAYUNGAN V11 36 - SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
pustaka.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Mengingat demikian pentingnya peran Al-Quran dalam memberikan dan mengarahkan kehidupan manusia, maka belajar membaca, memahami, dan menghayati Al-Quran untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari merupakan kewajiban bagi umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang meliputi Bagaimana penerapan strategi pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran al quran di TPQ Baitul hikmah Gayungan V11 36 Surabaya, Bagaimana peningkatan minat belajar Al quran santri melalui penerapan strategi pembelajaran quantum teaching di TPQ Baitul hikmah Gayungan VII 36 Surabaya.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pola pikir induktif dan deduktif. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. dan tahap terahir merupakan kesimpulan data yang diperoleh.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Penerapan strategi pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran al Quran di TPQ Baitul hikmah Gayungan V11 36 Surabaya telah dilaksanakan dengan cuku baik. Hal ini terlihat dari pembelajaran yang dilaksanakan oleh ustadz-ustadzah yang mana dalam penyampaian materinya bersandarkan pada asas dan model strategi pembelajaran quantum teaching. Namun dalam tahap persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh ustadz-ustadah masih kurang, sehingga dalam tahap pelaksanaan pembelajaran tidak maksimal. Bahwa keadaan minat belajar santri sebelum dilaksanakannya penerapan strategi pembelajaran quantum teaching rendah, hal ini terlihat dengan adanya perhatian santri terhadap pelajaran berkurang, mulai dengan kurangnya perhatian santri terhadap penjelasan dari ustadz-ustadzah pengajar, sering tidak mengikuti pembelajaran dan tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan. Namun Setelah menerapkan strategi pembelajaran Quantum teaching di TPQ Baitul hikmah Gayungan VII 36-Surabaya minat belajar Al quran santri meningkat, ini terlihat dengan adanya perhatian santri saat proses pembelajaran yang membaik, kesenangan santri waktu mengikuti pembelajaran dan kedisiplinan santri dalam mengerjakan tugas yang diberikan kemudian di ikuti dengan peningkatan nilai rapot santri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mustofa | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | minat belajar santri; strategi pembelajaran; quantum teaching | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 03:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10857 |
Actions (login required)
View Item |