ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Royyanatul (2013) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya nilai-nilai pendidikan yang dapat diambil dari suatu karya sastra. Penyampaian nilai-nilai pendidikan dalam karya sastra selalu tidak secara langsung, sehingga perlu adanya penggalian nilai-nilai tersebut. Dengan penelitian inilah dapat ditemukan nilai-nilai penidikan didalamnya. Novel adalah salah satu karya sastra yang didalamnya mengandung berbagai nilai-nilai pendidikan, selain itu novel adalah salah satu bentuk media pendidikan yang dapat dimanfaatkan pendidik dalam proses pembelajaran. Alasan yang menjadikan novel sebagai media pembelajaran adalah isi novel yang berupa cerita, yang memuat kisah-kisah yang menarik, ringan, menghibur dan mendidik.
Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu: (1) nilai-nilai pendidikan Islam apa sajakah yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara? (2) Bagaimanakah landasan normative nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library research), yaitu penelitian yang menggunakan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan.
Data primernya diambil dari novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, sedangkan data skundernya diambil dari buku, majalah, artikel dan lain sebagainya yang relevan dengan penelitian. Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah konten. Content analysis digunakan untuk mengungkap dan memahami pesan dalam novel ini.
Berdasarkan penelitian dapat dissimpulkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu: (1) Nilai-nilai pendidikan akidah dalam novel Sepatu Dahlan adalah nilai yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada rasul Allah, iman kepada qadha dan qadar. (2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Sepatu Dahlan adalah tawakal, jujur, pemaaf, ikhlas, syukur, amanah, sabar. (3) Nilai-nilai pendidikan sosial dalam novel Sepatu Dahlan meliputi tolong menolong, dermawan, menghormati orang yang lebih tua dan mencintai yang lebih muda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Syamsudin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, RoyyanatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Islam: Khrisna Pabichara; Novel Sepatu Dahlan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item View Item