PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWAPADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS III MI HIDAYATUL MUBTADIIN TUMPANG KEC. MOJOROTO KOTA KEDIRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferawati, Ida (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWAPADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS III MI HIDAYATUL MUBTADIIN TUMPANG KEC. MOJOROTO KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan matematika disekolah adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Kemampuankemampuan tersebut dapat dibentuk melalui proses pembelajaran atau dampak langsung dari materi matematika itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan analisis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dilatihkan dan ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika disekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi untuk melatih kognitif siswa. Ada beberapa pendekatan pembelajaran yang berdasar pada psikologi kognitif siswa, salah satunya adalah sistem pembelajaran berbasis masalah. Namun, apakah sistim pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa apabila diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika disekolah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diadakanlah penelitian tentang efektifitas sistem pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan analisis siswa pada pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI Hidayatul Mubtadiin Tumpang Kec. Mojoroto Kota Kediri selama sepuluh jam pelajaran.
Materi yang dipilih adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka mengenai uang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode test. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa,dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif prestasi siswa. Metode tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Pre-test digunakan untuk mengukur kemampuan analisis siswa sebelum diberi perlakuan dan post-test dilakukan untuk mengukur kemampuan analisis siswa setalah diberi perlakuan berupa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan sistem pembelajaran berbasis masalah. Untuk menganalisis data yang diperoleh Setelah diuji dengan menggunakan tes diketahui bahwa nilai post-test lebih baik dari nilai pre-test. Hal itu berarti prestasi siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode demontrasi dalam kegiatan pembelajaran matematika disekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa metode demontrasi menggunakan uang efektif untuk meningkatkan keamampuan prestasi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferawati, IdaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Metode Demonstrasi, Kemampuan Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 13 Apr 2015 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item