This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rusdiana, Nurfaizah (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI MI DARUL JANNAH TAPEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Matematika khususnya pada pokok bahasan luas dan keliling persegi dan persegi panjang yang dilaksanakan di kelas III MI Darul Jannah Tapen Bondowoso masih belum menggunakan model pembelajaran kooperatif. Maka dengan dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui penelitian tindakan kelas (PTK) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar anak, khususnya dalam pembelajaran matematika pokok bahasan luas dan keliling persegi dan persegi panjang.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperetif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Matematika materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang kelas III semester II Di MI Darul Jannah Tapen Bondowoso Tahun ajaran 2012/2013?. (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang kelas III semester II Di MI Darul Jannah Tapen Bondowoso Tahun ajaran 2012/2013?. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil peneliti melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan aktifitas belajar siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 72,1 (66,67%) dan pada siklus II 80 (91,66%) Sedangkan nilai rata-rata sebelum di adakan penelitian sebesar 62,8 (65%). Dalam siklus I dan II ini guru dan siswa juga mengalami peningkatan yang sangat baik dari siklus sebelumnya. Dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 61,11% siklus I dan siklus II 80,55% mengalami peningkatan. Sedangkan aktivitas siswa juga lebih meningkat dari siklus I 66,67% dan siklus II 80,55%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Chairati Saleh | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Hasil belajar; Matematika; Pembelajaran kooperatif; STAD; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2015 03:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11259 |
Actions (login required)
View Item |