PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL DI SMA UNGGULAN AMANATUL UMMAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianita, Tri (2013) PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL DI SMA UNGGULAN AMANATUL UMMAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian hendak mengetahui peningkatan kecerdasan spiritual siswa melalui penerapan full day school di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi atau pengamatan di lapangan, penulis berperan sebagai pengamat. Sedangkan untuk teknik analisis, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Cek keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa penerapan full day school dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Hal tersebut telah dikonsepkan melalui sebuah sistem pembelajaran yang dilaksanakan hampir sehari penuh dengan menerapkan dasar intregrated curriculum dan intregrated activity dan di aplikasikan dalam kurikulum yang mempunyai penambahan-penambahan materi pelajaran dan pembiasaan yakni pada program Muaddalah serta kegiatan intra dan ekstra. Kegiatan intra tersusun dalam jadwal pelajaran sekolah yang merupakan bagian dari kegiatan pembiasaan. Kegiatan pembiasaan ini merupakan proses pembentukan karakter, budi pekerti dan penanaman/ pengalaman ajaran Islam yang dapat membangun atau meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Sedangkan kegiatan ekstra bertujuan agar selain siswa memiliki prestasi yang bersifat kognitif, mereka juga berprestasi dalam psikomotorik. Dengan penerapan program tersebut membangun tingkat kecerdasan spiritual siswa yang tidak sama pada setiap tingkat kelasnya, dan cenderung meningkat dari kelas rendah ke kelas tinggi atau meningkat dari kelas X-XII. Hal itu dikarenakan adanya pembiasaan yang terlembagakan dan terinternalisasikan dengan lingkungan pendidikan yang religius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rubaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianita, TriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Full Day School; Kecerdasan Spiritual;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11287

Actions (login required)

View Item View Item