MUHASSINAT LAFDHIYAH DAN MAKNAWIYAH DALAN SURAT AL ISRA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Yuni (2013) MUHASSINAT LAFDHIYAH DAN MAKNAWIYAH DALAN SURAT AL ISRA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Balaghah menurut bahasa adalah sampai, adapunmenurut istilah adalah sifat bagi perkatan dan bagi pembicara. Adapun ilmu balaghah dibagi menjadi tiga yaitu ilmu ma ani adalah suatu ilmu untuk mengetahui keadaan-keadaan perkataan bahasa arab yang sesuai dengan suatu keadaan. Kemudian ilmu bayan adalah ilmu yang membahas tasybih, majaz dan kinayah, kemudian ilmu badi yaitu ilmu yang membahas tantang muhassinat lafdhiyah dan maknawiyah.
Adapun dalam skripsi ini penulis membahas tentang muhassinat lafdhiyah dan maknawiyah. Adapun masalah yang dikemukakan dalam pembahasan ini meliputi dua hal yatiu 1). Apa macam-macam muhassinat al lafdiyah dan muhassinat al maknawiyah yang terkandung dalam surah Al isra. 2). Bagaimana ushlub-ushlub muhassinat al lafdiyah dan muhassinat al maknawiyah yang ada dalam surat Al isra. Metode yang digunakan dalam membahas masalah ini, penulis menggunakan dua metode, yaitu metode bayani dan metode tahlili. Metode bayani adalah suatu metode yang menjelaskan pendapat-pendapat ulama yang berhubungan dengan masalah ini. Metode tahlili adalah suatu metode yang dilakukan pembahas untuk menetapkan pendapatnya berdasarkan pendapat para ulama dan kesimpulan-kesimpulan. Sedangkan tujuan pembahas dalam membahas masalah ini adalah 1). Mengtahui untuk macam-macam muhassinat lafdhiyah dan maknawiyah dalam surat al isra. 2). Mengetahui ushlub-ushlub muhassinat al lafdhiyah dan muhassinat al maknawiyah yang ada pada surah al isra.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1). Muhassinat lafdiyah itu meliputi jinas, iqtibas dan sajak. Muhassinat maknawiyah meliputi tauriyah, tibaq, muqabalah, husnut taklil, takqidul madhi bima yusybihu dzam wa aksuhu, dan ushlubul hakim. 2). Surah al isra adalah surat yang jatuh setelah surat an nahl dan surat al isra ini memepunyai 111 ayat. 3). membahas mengemukakan ushlub-ushlub muhassinat lafdiyah dan maknawiyah yang terdapat pada surah al isra.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Abdullah Abid, MA.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, YuniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: MUHASSINAT LAFDHIYAH DAN MAKNAWIYAH DALAN SURAT AL ISRA
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item