KATA SYA A DAN ARODA DALAM ALQURAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Dimas (2013) KATA SYA A DAN ARODA DALAM ALQURAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Sinonim adalah persamaan makna yang terdapat dalam beberapa kata. Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa kata yang bersinonim makna. Antara lain adalah: kata melihat-melirik-mengintip, kata dapat-bisa-mampu, kata menyentuh-memegang-membawa, dan masih banyak contoh kata yang bersinonim makna.
Dalam bahasa Arab juga terdapat beberapa kata yang memiliki makna yang berdekatan. Antara lain adalah: kata taala-qoroa kata nadzoro-roa-basoro, kata jalasa-qoada, kata aroda-sya a, dan masih banyak kata-kata yang berdekatan makna lainnya. Sinonim dalam bahasa Arab dikenal engan istilah at-taroduf. Alasan pembahas memilih kata sya a dan aroda dalam penelitian ini, karena kedua kata ini sangat familiar di telinga kita, dan kedua kata ini sering terdengar saat komunikasi harian.
Dalam skripsi ini ada tiga pokok pembahasan yang akan dikaji oleh pembahas. Pertama: dimana letak kata sya a dan aroda dalam Alquran. Kedua: apa makna dari kata sya a dan aroda dalam Alquran. Ketiga: bagaimana letak persamaan dan perbedaan kata sya a dan aroda dalam Alquran.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif karena data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan bukan angka-angka melainkan deskripsi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data adalah metode dokumentasi yaitu mencari dan mengenai hal-hal yang variabel yang berupa catatan, transkip, buku-buku, dan lain-lain. Sumber data yang digunakan adalah Al-Quran dan kitab-kitab yang berhubungan dengan judul ini. Metode analisis yang digunakan analisis deskripsi (simantik) yaitu membaca Alquran, kemudian mengelompokkan kata sya a dan aroda, dan menganalisis ayat-ayat tersebut dengan ilmu simantik.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah bahwa jumlah kata sya a dan mustaqnya berjumlah seratus delapan puluh satu kata, sedangkan kata aroda berjumlah delapan puluh tujuh kata dalam Alquran. Makna kata sya a dalam Alquran meliputi arti al-ijad, al-i dam dan al-qodr jika disandarkan kepada Allah. Namun jika disandarkan kepada makhluk (manusia) maka artinya adalah al-ishobah. Kata sya a dan irodah sama dalam segi penggunaan kata, keduanya dapat disandarkan kepada Allah begitu juga pada manusia. Dan irodah manusia boleh jadi mendahului irodah dari Allah, akan tetapi masyiah manusia tidak akan terjadi tanpa masyiah Allah. Jadi jika diliat dari tinggi rendahnya derajat, kata masyiah lebih tinggi daripada kata irodah.
Pembahas berharap kepada para pembaca penelitian ini, untuk memberikan kritik dan saran jika menemukan kekurangan dan kesalahan dalam skripsi ini. Dan semoga penelitian yang telah dilakukan pembahas dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Amin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Haris Shofiyuddin, MA.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: KATA SYA A DAN ARODA DALAM ALQURAN
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2014
Last Modified: 14 Apr 2015 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11364

Actions (login required)

View Item View Item