Peningkatan motivasi membaca cerita rakyat melalui metode Learning Starts With A Question pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Salafiyah Karangagung Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Umi Zahrotul (2016) Peningkatan motivasi membaca cerita rakyat melalui metode Learning Starts With A Question pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Salafiyah Karangagung Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Zahrotul Mufidah D07212038 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Salafiyah Karangagug yang cenderung membosankan dan kurang menarik. Apalagi siswa yang cenderung malas membaca buku. Kemampuan memahami siswa juga kurang baik dengan nilai 63% dibawah KKM. Banyak siswa yang kurang tertarik dengan materi membaca cerita rakyat, sehingga siswa kurang memiliki motivasi membaca, selain itu peneliti juga melihat guru yang kurang inovasi dalam pembelajaran membaca cerita. penelitian ini dilaksanakan di MI Salafiyah Karangagung Tuban kelas IV yang berjumlah 35 siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi siswa dalam membaca cerita rakyat pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Salafiyah Karangagung Tuban sebelum diterapkan metode Learning Starts with A Question?, (2) Bagaimana penerapan metode Learning Starts with A Question pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Salafiyah Karangagung Tuban?, (3) Bagaimana peningkatan motivasi membaca siswa kelas IV MI Salafiyah Karangagung Tuban setelah diterapkan metode Learning Starts with A Question pada pembelajaran Bahasa Indonesia? Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) menurut Kurt Lewin dengan menggunakan penelitian data kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, lembar kerja dan dokumentasi. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan rumusan presentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara pra siklus dengan siklus I & II menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan perolehan pada angket pra siklus skor perolehan 63 dengan persentase motivasi rendah 37,14%, hal ini terjadi karena siswa memiliki motivasi yang rendah saat pembelajaran untuk angket siklus I skor perolehan 73 dengan persentase 71,42%, pada siklus I semangat belajar sudah meningkat namun masih ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan.Sedangkan angket siklus II skor perolehan 83 dengan presentase 88,57%, siswa sudah terkondisi dan motivasi belajar mereka sudah meningkat dibandingkan siklus sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Umi Zahrotulmumtazfida43@gmail.comD07212038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Jauharoti--2006067301
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Peningkatan motivasi membaca cerita rakyat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufidah Umi Zahrotul
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:42
Last Modified: 28 Jul 2023 09:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11817

Actions (login required)

View Item View Item