Persepsi santri pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya terhadap program dakwah di TV9 Dan JTV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Samrotul (2016) Persepsi santri pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya terhadap program dakwah di TV9 Dan JTV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana persepsi santri PPM. Al-Jihad Surabaya terhadap program dakwah Yuk Kita Sholawatan di TV9 dan Padange Ati di JTV. (2) Bagaimana komparasi antara program dakwah “Yuk Kita Sholawatan (YKS)” di TV9 dan “Padange Ati (PA) di JTV” dari hasil persepsi santri PPM. Al-Jihad Surabaya.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis Induktif. Serta teknik Analisis Komparatif Konstan (Constant Comparative Analysis). Menganalisis serta membandingkan program dakwah Yuk Kita Sholawatan dan Padange Ati dengan model teori Uses and Gratifications.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa persepsi santri PPM. Al-Jihad Surabaya terhadap program dakwah Yuk Kita Sholawatan (YKS) di TV9 dan Padange Ati (PA) di JTV ada dua persepsi yaitu persepsi positif dan persepsi negatif (1) persepsi positif: mayoritas santri PPM. Al-Jihad Surabaya cenderung menyetujui dan mendukung dengan adanya kedua program dakwah tersebut karena selain bermanfaat kedua tayangan tersebut menarik untuk diikuti, kreatif, unik dan inovatif, acaranya santai, dan dapat diaplikasan dalam kehidupan sehari-hari. Jika dilihat dari persepsi ini santri PPM. Al-Jihad Surabaya merasa puas terhadap apa yang dilihat dan didengar (gratifiction) juga mengandung manfaat atau adanya hikmah yang dipetik (uses) (2) persepsi negatif: santri PPM. Al-Jihad Surabaya kurang puas terhadap program YKS karena terlalu banyak guyonan sehingga timbul rasa bosan. Sedangkan untuk acara Padange Ati selain kurang puas dengan sesi tanya jawab yang model settingan karena bagi audiens lain yang ingin bertanya tidak bisa tersampaikan juga kurang puas dengan jam tayangnya, karena waktunya menjelang maghrib hingga ba’da maghrib sehingga untuk pemirsa yang melaksanakan ibadah sholat maghrib tidak dapat mengikuti acara secara keseluruhan karena waktunya terpotong oleh sholat magrib.
Komparasi dari kedua program dakwah Yuk Kita Sholawatan (YKS) di TV9 dan Padange Ati (PA) di JTV. Persamaan, kedua program tersebut sama-sama program dakwah dalam bentuk talkshow majelisan dan menarik untuk diikuti, santai, penuh humor serta mengandung pesan dakwah dan sholawat. Perbedaan, YKS acara sholawatan yang diselingi tausiyah sedangkan PA merupakan acara tausiyah tapi diselingi sholawat. Rekomendasi untuk peneliti berikutnya agar dapat mengembangkan dan menyempurnakan penelitian ini dengan membahas tentang studi komparatif program religi di TV9 dan JTV edisi Ramadhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syahroni Ahmad Jaswadi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Samrotul--B01212029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJaswadi, Syahroni Ahmadsyahronijaswadi@gmail.com2014035401
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Keywords: Persepsi Santri; Program Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Jannah Samrotul
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:49
Last Modified: 25 Nov 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item