This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faizah, Nurul (2016) Penerapan Perilaku Keteladanan Guru Menurut Al-Maghribi Bin As-Said Alac-Maghribi dalam Bukunya Begini Seharusnya Mendidik Anak di Ma Raden Paku Wringinanom Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (36kB) | Preview |
Abstract
Keteladanan guru adalah hal-hal baik dari guru yang patut ditiru atau dicontoh dalam hal sikap, perilaku, dan pembentukan kepribadian oleh siswa. Keteladanan yang dimaksud merupakan keteladanan yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai alat pendidikan. Keteladanan dalam pendidikan merupakan cara yang dapat mempengaruhi dalam menyiapkan dan membentuk aspek moral, spiritual, dan sikap sosial siswa dari pemberian contoh yang diberikan oleh guru. Pentingnya dikaji keteladanan guru menurut Al-Maghribi Bin As-Said Al-Maghribi karena Guru merupakan figur atau tokoh panutan peserta didik dalam mengambil semua nilai dan pemikiran tanpa memilih antara yang baik dengan yang buruk. Peserta didik memandang bahwa guru adalah satu-satunya sosok yang sangat disanjung. Maka didikan dari guru berpengaruh besar dalam memilih andil dalam membentuk kepribadian dan pemikiran peserta didik.
Dengan dasar tersebut penulis mengambil objek penelitian di Madrasah Aliyah Raden Paku Wringinanom Gresik dengan judul “Penerapan Perilaku Keteladanan Guru Menurut Al-Maghribi Bin As-Said Al-Maghribi Dalam Bukunya Begini Seharusnya Mendidik Anak Di Ma Raden Paku Wringinanom Gresik”. Adapun rumusan masalah dari judul diatas ialah 1) Apa saja aspek-aspek keteladanan guru menurut Al-Maghribi Bin As-Said Al-Maghribi dalam Bukunya Begini Seharusnya Mendidik Anak?, 2) Bagaimana penerapan perilaku keteladanan guru menurut Al-Maghribi Bin As-Said Al-Maghribi dalam Bukunya Begini Seharusnya Mendidik Anak di Ma Raden Paku Wringinanom Gresik?, 3) Apa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan perilaku keteladanan guru menurut Al-Maghribi Bin As-Said Al-Maghribi dalam Bukunya Begini Seharusnya Mendidik Anak di Ma Raden Paku Wringinanom Gresik?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengambilan subjek data dilakukan secara selektif. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan yakni tehnik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari data dan penelitian yang dilakukan dapat dikatakan bahwa perilaku keteladanan guru di Madrasah Aliyah Raden Paku Wringinanom Gresik memberikan kontribusi yang baik dalam membentuk akhlak dan karakter yang mulia pada diri siswa. Dan perilaku seorang pendidik teladan perspektif al-Qur’an menurut Al-Maghribi bin as-Said al-Maghribi dalam Buku Begini Seharusnya Mendidik Anak adalah pemaaf dan murah hati, lemah lembut dan menjauhi dari sifat kasar dalam bermuamalah, berhati penyayang, taqwa, selalu berdo’a untuk anak, lemah lembut dalam bermuamalah dengan anak, menjauhi dari sikap marah, bersikap adil dan tidak pilih kasih.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akhlak > Akhlak Mulia | ||||||||
Keywords: | Keteladanan Guru | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Faizah Nurul | ||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2016 07:33 | ||||||||
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:36 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12407 |
Actions (login required)
View Item |