This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sa'diyah, Chalimatus (2016) FEMINISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM : REFLEKSI PEMIKIRAN R.A KARTINI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Fokus penelitian skripsi ini adalah, bagaimana pemikiran R.A Kartini tentang feminisme dalam pendidikan islam. Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian Kualitatif jenis Studi tokoh dengan jenis pendekatan tematis yaitu aktivatas seseorang didiskripsikan berdasarkan sejumlah tema (topik) yang menggunakan konsep-konsep yang biasanya dipakai untuk mempelajari suatu bidang keilmuan tertentu. Jadi dalam penelitian skripsi ini, peneliti akan mendiskripsikan tentang pemikiran R.A Kartini berdasarkan tema (topik) tentang feminisme dalam pendidikan islam. Dengan menggunakan pendekatan tematis ini, peneliti tidak hanya mendiskripskripsikan tentang pemikiran pendidikan menurut R.A kartini , tetapi juga menganalisisnya. Maka, untuk mengungkapkan sisi-sisi permasalahan tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana konsep Feminisme dalam pendidikan Islam? (2) Bagaimana pemikiran Kartini mengenai pendidikan perempuan? (3) Bagaimana relevansi pemikiran pendidikan perempuan Kartini dengan konsep feminisme dalam pendidikan Islam? Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa (a) Marginalisasi, Subordinasi, Stereotype, kekerasan, pembagian kerja secara seksual yang merugikan kaum perempuan, kesemuanya harus dihapuskan di dunia pendidikan. (b) Pendidikan perempuan haruslah ditekankan pertama kali sebagai usaha mengejawantahkan pembangunan kepribadian anak bangsa secara menyeluruh. Pendidikan diarahkan kepada pembentukan watak dan kepribadian peserta didik. Seluruh rakyat harus dapat menerima pendidikan secara sama. (c) Pemikiran Kartini relevan dengan konsepsi al-ummu madrasatun, relevan dengan Pendidikan Islam yaitu pengembangan potensi peserta didik melalui proses pendidikan yang mengantar peserta didik menjadi hamba Allah dan khalifah di muka bumi, serta pendidikan tanpa diskriminasi Kartini relevan dengan konsep Feminisme dalam Pendidikan Islam. Bertitik tolak dari hasil temuan ini, saran peneliti, dengan wacana yang digulirkan dimaksudkan untuk ikut merombak paradigma masyarakat luas. Sehingga kehidupan yang lebih harmonis akan tercipta. Terlebih dalam dunia pendidikan Islam, pengembangan potensi dalam diri perempuan itu sendiri juga harus menjadi satu harapan dan kenyataan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Feminisme; Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Sa'diyah Chalimatus | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 03:54 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12480 |
Actions (login required)
View Item |