Pondok Pesantren Nurul Hidayah Dusun Bedagas Desa Tunggalpager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto Tahun 1983-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Birrodloh, Fiqqiyah (2016) Pondok Pesantren Nurul Hidayah Dusun Bedagas Desa Tunggalpager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto Tahun 1983-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pondok Pesantren Nurul Hidayah Dusun Bedagas Desa Tunggalpager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto Tahun 1983-2016”. Masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah (1)Bagaimana Sejarah berdirinya pondok pesantren Nurul Hidayah desa Tunggalpager kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto? (2)Bagaimana perkembangan pondok pesantren Nurul Hidayah desa Tunggalpager kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto? (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap pondok pesantren Nurul Hidayah desa Tunggalpager kecamatan Pungging kabupaten Mojokerto?.Berkenaan dengan itu, dalam penelitian ini digunakan metode historis untuk memberikan gambaran mengenai “Pondok Pesantren Nurul Hidayah Dusun Bedagas Desa Tunggalpager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto Tahun 1983-2016” dan pendekatan sosiologi untuk menjelaskan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi perkembangan pesantren. Dalam skripsi ini penulis mengunakan teori continuity and change dalam buku Tradisi pesantren karya Zamakhsyari Dhofier yang menguraikan masalah-masalah kesinambungan di tengah-tengah perubahan yang terjadi di pesantren, di harapkan dapat mengungkap perkembangan pondok pesantren Nurul Hidayah yang di lihat dari segi kerangka zamakhsyari yang terdiri dari Lima elemen-elemen pesantren. Dari kerangka tersebut dapat terlihat kesinambungan yang berkelanjutan dan perubahan-perubahan yang terjadi dari tahun ke tahun.Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa (1) pondok pesantren Nurul Hidayah didirikan oleh Kiai Maghfur Siroj pada tahun 1983 dibantu oleh istri dan saudara-saudarannya. (2) Adapun perkembangan pondok pesantren Nurul Hidayah baik dari infrastrktur dan pengajaran, mulai awal merintis pondok pesantren hanya berada di rumahnya tetapi bertambahnya santri mukim akhirnya mendirikan asrama dan gedung lainnya serta pembenahan dalam pendidikan, seperti dulunya hanya memfokuskan mempelajari kitab kuning, pada pertengahan bekerja sama dengan sekolah di sekitar dusun Bedagas dan sekarang merinis sekolah di dalam pesantren. (3) masyarakat sekitar sangat senang dengan adanya pondok pesantren Nurul Hidayah dan memberikan manfaat, ini terlihat dari aktifitas pesantren dari segi pendidikan, soial, dan keagamaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Birrodloh, Fiqqiyahfiqqiyah@gmail.comA82212134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Pesantren; sejarah dan perkembangan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Birrodloh Fiqqiyah
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:52
Last Modified: 07 Nov 2019 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item