PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI. YKUI BABAKSARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, A. (2014) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI. YKUI BABAKSARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Sudah bukan rahasia lagi dan seolah-olah sudah menajadi asumsi umum bahwa hasil pengajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah dari sekolah dasar sampai sekolah dasar kurang memuaskan. Masalah yang dimaksud adalah dilihat dari
hasil ujian sebagai salah satu barometer keberhasilan pengajaran bahasa Indonesia. Kenyataan tersebut juga pernah penulis jumpai dalam beberapa kali pengalaman mengoreksi hasi ujian mengarang bahasa Indonesia pada siswa. Dari hasil karangan para siswa tersebut banyak sekali penulis jumpai kelemahankelemahan siswa dalam penguasaan unsur-unsur pembentuk karangan itu sendiri.
Terlepas dari faktor-faktor lain dari kenyataan tersebut, kita dapat berasumsi bahwa pembelajaran bahasa Indonesia khususnya mengarang masih perlu mendapatkan perhatian lebih serius dari para guru bahasa Indonesia.
Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Seberapa jauh peningkatan kemampuan mengarang siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran imajinatif terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015. Sasaran penelitian ini adalah siswa MI. YKUI Babaksari. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (70,73%), siklus II (80,50%), siklus III (90,24%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran imajinatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa MI. YKUI Babaksari, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mengarang bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moh. Faizin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, A.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Pembelajaran Imajinatif; Mengarang Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2015 02:09
Last Modified: 03 Mar 2015 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item