This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rofiq, A. (2014) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI. YKUI BABAKSARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Sudah bukan rahasia lagi dan seolah-olah sudah menajadi asumsi umum bahwa hasil pengajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah dari sekolah dasar sampai sekolah dasar kurang memuaskan. Masalah yang dimaksud adalah dilihat dari
hasil ujian sebagai salah satu barometer keberhasilan pengajaran bahasa Indonesia. Kenyataan tersebut juga pernah penulis jumpai dalam beberapa kali pengalaman mengoreksi hasi ujian mengarang bahasa Indonesia pada siswa. Dari hasil karangan para siswa tersebut banyak sekali penulis jumpai kelemahankelemahan siswa dalam penguasaan unsur-unsur pembentuk karangan itu sendiri.
Terlepas dari faktor-faktor lain dari kenyataan tersebut, kita dapat berasumsi bahwa pembelajaran bahasa Indonesia khususnya mengarang masih perlu mendapatkan perhatian lebih serius dari para guru bahasa Indonesia.
Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Seberapa jauh peningkatan kemampuan mengarang siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran imajinatif terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran imajinatif dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V MI. YKUI Babaksari Tahun Pelajaran 2014/2015. Sasaran penelitian ini adalah siswa MI. YKUI Babaksari. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (70,73%), siklus II (80,50%), siklus III (90,24%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran imajinatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa MI. YKUI Babaksari, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mengarang bahasa Indonesia.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Moh. Faizin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran Imajinatif; Mengarang Bahasa Indonesia | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2015 02:09 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2015 02:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1251 |
Actions (login required)
View Item |