ANALISIS HUKUM BISNIS ISLAM TERHADAP JUAL BELI SERAGAM SEKOLAH DI TOKO PURNAMA JAYA INDAH PASAR BLAURAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faroby, Dardena Betarania (2016) ANALISIS HUKUM BISNIS ISLAM TERHADAP JUAL BELI SERAGAM SEKOLAH DI TOKO PURNAMA JAYA INDAH PASAR BLAURAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dardena Betarania Faroby C32212082 Bab Isi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengen judul Analisis Hukum Bisnis Islam terhadap Jual Beli Seragam Sekolah di Toko Purnama Jaya Indah Pasar Bluran Surabaya ini merupakan penelitian yang akan menjawab permasalahan, 1) Bagaimana praktek jual beli seragam di toko Purnama Jaya Indah Pasar Blauran Surabaya? dan 2) Bagaimana analisis hukum bisnis Islam terhadap jual beli seragam di toko Purnama Jaya Indah Pasar Blauran Surabaya? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat field research (penelitian lapangan) yakni penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sebenarnya, yaitu menggambarkan kondisi, situasi, atau fenomena yang tertuang dalam data yang diperoleh tentang jual beli seragam sekolah di toko Purnama Jaya Indah. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif, yakni menjelaskan terlebih dahulu berbagai hal mengenai konsep jual beli. Kemudian dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan. Penerapan jual beli yang dilakukan oleh toko Purnama Jaya Indah dilakukan dengan cara ketika stok seragam yang dipilih oleh pembeli sedang kosong, maka penjual akan mengganti ukuran yang paling mendekati dengan ukuran tersebut. Pegawai toko akan mengubah ukuran dengan cara merobek ukuran asli seragam dan menggantinya dengan ukuran baru dengan cara ditempel pada seragam. Antara satu ukuran seragam dengan ukuran lainnya memiliki selisih rata-rata 2-3 cm. Harga yang diberikan penjual kepada pembeli untuk ukuran seragam yang diganti tetap pada harga yang termurah diantara ukuran tersebut. Terdapat pula hak khiya>r di awal transaksi yaitu pembeli dapat mengecek seragam sehingga unsur terpenting dalam jual beli yaitu saling ridha telah terpenuhi dan apabila seragam tidak muat atau tidak pas dapat dikembalikan maksimal sehari setelah akad. Dari proses tersebut dapat disimpulkan bahwa transaksi jual beli tersebut bisa sahih maupun fa>sid. Pada akhir penulisan skripsi ini, disarankan kepada seluruh masyarakat yang sering melakukan transaksi jual beli untuk lebih berhati-hati dalam jual beli, serta lebih mengetahui prinsip jual beli, dan segala aturan hukum Islam. Hal tersebut diharapkan agar dapat menghindari adanya penyimpangan syariat Islam. Pada pihak toko Purnama Jaya Indah juga disarankan untuk lebih menambah stok seragam saat masa ramai. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya kekurangan stok seragam, serta untuk mencegah adanya unsur penipuan dalam penjualan seragam karena pada dasarnya pihak toko memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan penjualan seragam sedangkan pembeli memiliki hak untuk mendapatkan barang yang mereka pilih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faroby, Dardena Betaraniadenafaroby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Jual Beli Seragam Sekolah; Toko Purnama Jaya Indah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Faroby Dardena Betarania
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:01
Last Modified: 26 Oct 2022 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item