Preferensi Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Dalam Memilih Media Komunikasi Di Sekolah : Studi Di Sekolah Luar Biasa Tut Wuri Handayani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Nazilatul (2016) Preferensi Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Dalam Memilih Media Komunikasi Di Sekolah : Studi Di Sekolah Luar Biasa Tut Wuri Handayani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hak asasi yang paling mendasar bagi setiap manusia, tidak terkecuali bagi anak luar biasa atau anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus sudah dianggap sebagai manusia normal seperti anak yang lain, memiliki hak yang sama. Media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik. Dalam hal ini peneliti berupaya merumuskan bagaimana anak berkebutuhan khusus tunanetra memiliki kecenderungan dalam memilih media komunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan anak berkebutuhan khusus tunanetra dalam memilih media komunikasi disekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kepuasan siswa tunanetra menggunakan media pembelajaran braille dengan smart phone dapat merubah keyakinan untuk menunjang kegiatan belajar mereka dengan hasil evaluasi memudahkan siswa tunanetra dalam menerima pelajaran selama disekolah dan untuk dirumah dapat mengulang pembelajarannya dengan memutar rekaman ketika guru menerangkan di sekolah. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam kajian keilmuan komunikasi khususnya dalam pendidikan tunanetra. Bagi pemerintah menyediakan sarana dan prasana yang lengkap guna menunjang pembelajaran siswa penyandang disabilitas tunanetra agar lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Advan Navis Zubaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Nazilatulnazilatulmasruroh@gmail.comB06212071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZubaidi, Advan Navisadvan@uinsby.ac.id198311182009011006
Subjects: Media Massa
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Preferensi; tunanetra; media komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: masruroh nazilatul
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:44
Last Modified: 03 Dec 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item