This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hariyanti, Ayuk (2016) Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah Draw A Picture. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Mengingat pentingnya mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual yang disajikan dalam bentuk soal cerita matematika, maka perlu disusun model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang memberikan ruang untuk melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah pembelajaran matematika berbasis masalah dengan tahapan pemecahan masalah Polya menggunakan strategi pemecahan masalah draw a picture. Sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan pembelajaran matematika berbasis masalah dengan tahapan pemecahan masalah Polya menggunakan strategi pemecahan masalah draw a picture. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan mempermudah siswa dalam memecahkan masalah dengan tahapan pemecahan masalah Polya menggunakan strategi pemecahan masalah draw a picture. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase. Namun pada penelitian ini hanya dibatasi pada empat fase yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisaisi, serta fase tes, evaluasi dan revisi. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 36 siswa kelas VIIIA SMP IPIEMS Surabaya. Data yang diperoleh selama penelitian ini berupa hasil aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks, kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, angket respon siswa dan hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,92. Kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,94. Masing-masing perangkat tersebut dinilai praktis oleh para ahli dengan memperoleh rata-rata nilai B yang artinya perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas siswa dinyatakan efektif dengan memperoleh rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 18,5. Keterlaksanaan sintaks dinyatakan efektif dengan jumlah langkah yang terlaksana yaitu 32 langkah dan prosentase keterlaksanaan sebesar 100%. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dikatakan efektif dengan memperoleh rata-rata sebesar 3,79. Respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan prosentase sebesar 71,7%. Hasil belajar siswa dinyatakan efektif dengan tercapainya standar keberhasilan setiap siswa dilihat dari penguasaan indikator (afektif, kognitif, psikomotorik) yaitu mencapai rata-rata 70.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran matematika; Pemecahan masalah Polya | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Hariyanti Ayuk | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 07:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2019 07:49 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12779 |
Actions (login required)
View Item |