Analisis sadd al dhariah terhadap jual beli kredit baju pada pedagang perorangan di Desa Patoman Rogojampi Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tunuriyah, Himma (2016) Analisis sadd al dhariah terhadap jual beli kredit baju pada pedagang perorangan di Desa Patoman Rogojampi Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himma Tunuriyah_C72212136 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini untuk menjawab permasalahan, 1) Bagaimana praktik jual beli kredit baju pada pedagang perorangan di Desa Patoman Rogojampi Banyuwangi? 2). Bagaimana analisis sadd al-dhari‘ah terhadap jual beli kredit baju pada pedagang perorangan di Desa Patoman Rogojampi Banyuwangi? Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan penekatan deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kondisi, situasi, atau fenomena yang tertuang dalam data yang diperoleh, tentang penerapan jual beli kredit baju pada pedagang perorangan di Desa Patoman Kec. Rogojampi Kab. Banyuwangi yang tidak ditentukan jangka waktunya dan harga pembayaran cicilan tidak ditentukan penjual pada dasarnya sah karena rukun telah terpenuhi. Namun karena adanya banyak pertengkaran yang disebabkan oleh jual beli kredit yang tidak ditentukan jangka waktunya sehingga timbul banyak kesalah fahaman dan malah dapat merenggangkan silaturrahmi antar sesama, maka hal tersebut dapat ditutup karena menimbulkan dampak negatife yang lebih besar dibandingkan dengan dampak positif. Sehingga hal tersebut dilarang disebabkan hal yang membahayakan lebih utama dihindari atau dicegah dari pada berusaha untuk meraih kebaikan dengan menjalankan perintah Allah, sedangkan di lain sisi menimbulkan kemad}aratan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir Deduktif, yakni dengan menjelaskan terlebih dahulu berbagai hal mengenai teori sadd al-dhari‘ah dan konsep jual beli kredit. Setelah menjelaskan teori-teori dan konsep-konsep akan dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan. Penulis menyarankan kepada seluruh masyarakat yang sering melakukan transaksi jual beli kredit untuk lebih berhati-hati dalam jual beli kredit, mengetahui prinsip-prinsip jual beli kredit, dan mengetahui segala aturan jual beli kredit yang telah diatur dalam hukum Islam. Hal tersebut diharapkan untuk menghindari adanya penyimpangan syariat Islam dan menjadikan kegiatan jual beli Kredit sebagai transaksi yang diberkahi oleh Allah. Penulis juga menyarankan kepada pihak pedangang perorangan apabila melakukan jual beli kredit hendaklah diadakan jangka waktu dan harga tagihannya agar tidak menimbulkan pertengkaran karena tidak jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tunuriyah, HimmaHimmatunuriyah@gmail.comC72212136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Jual beli kredit; analisis sadd al dhariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tunuriyah Himma
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:14
Last Modified: 03 Jan 2024 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item View Item