This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamsyah, Mochamad Afrizal (2014) NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013 : STUDI ANALISIS ISI BUKU PAI DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X KARYA SADI DAN M. NASIKIN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang pluralistik dan menyimpan kemajemukan serta keberagaman. Kemajemukan ini menuntut masyarakatnya untuk mengenal satu sama lain diantara perbedaan tersebut. Dari sinilah disadari betapa pentingnya usaha membangun kesadaran kerukunan beragama (toleransi), salah satunya melalui jalur pendidikan, dengan tujuan membuka cara pandang masyarakat akan pentingnya hidup rukun antar sesama pemeluk agama. Sikap ini harus ditumbuhkembangkan sejak dini pada diri generasi muda, khususnya melalui pendidikan agama.
Dalam proses pembelajarannya paradigma tersebut disosialisasikan melalui diskusi-diskusi, dialog, penjelasan, metode, hingga buku ajar yang dipakai. Buku ajar atau buku teks mempunyai implikasi psikologis yang besar bagi peserta didik sehingga penting diketahui nilai-nilai pluralisme agama yang termuat di dalamnya agar dapat mengeliminir gejala diskriminasi kekerasan beragama. Dari latar belakang tersebut, maka penelitian ini menganalisis cakupan nilai-nilai toleransi beragama dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti untuk SMA kelas X karya Sadi dan M. Nasikin yang diterbitkan oleh Erlangga dan kecenderungannya dalam membangun paradigma peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif, yang menganalisis isi dari materi PAI. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan metode content analysis dan disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi beragama adalah sikap menghargai dengan sabar, menghormati keyakinan atau kepercayaan seseorang atau kelompok lain yang berbeda debgan dirinya. Selain itu, materi-materi dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti SMA kelas X mengandung beberapa nilai toleransi beragama. Dari sembilan bab pembahasan, setidaknya ditemukan dalam 4 bab tentang muatan nilai toleransi. Keempat bab tersebut antara lain bab I, III, VIII, dan IX, dengan tema toleransi beragama yang beragam, yaitu persaudaraan sejati, husnuzan, HAM, perikemanusiaan, demokrasi, toleransi, serta persatuan. Materi-materi tersebut cenderung ingin menanamkan sikap inklusif dalam diri peserta didik, yakni meyakini kebenaran agamanya sendiri, namun tetap saling tolong menolong dalam urusan muamalah dan kehidupan sosial serta saling menghargai pluralitas yang terjadi dalam masyarakatnya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Moch. Tolchah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Keywords: | Toleransi Beragama; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2015 04:45 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2015 02:34 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1296 |
Actions (login required)
View Item |