This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Asror, Machfudzil (2016) Pendidikan interaksional dan relevansinya dalam pendidikan Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Machfudzil Asror_F13213157 ok.pdf Download (5MB) |
Abstract
Masalah-masalah keagamaan dan sosial sudah sangat kompleks sekali di tengah-tengah masyarakat. Salah satu upaya penyelesaiannya adalah melalui pendidikan. Sehingga atas latar belakang tersebut, penulis meneliti tentang pendidikan interaksional dan relevansinya dalam pendidikan Islam. Berbicara masalah pendidikan sangat luas pembahasannya, sehingga penulis memfokuskan penelitiannya dalam rumusan-rumusan masalah penelitian. Rumusan-rumusan itu ialah (1) bagaimana konsep pendidikan interaksional? (2) bagaimana konsep pendidikan Islam menurut para ahli pendidikan Islam? (3) bagaimana relevansi pendidikan interaksional dalam pendidikan Islam?. Adapun tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui konsep pendidikan interaksional (2) mengetahui pendapat-pendapat para ahli pendidikan Islam tentang pendidikan Islam (3) mengetahui relevansi konsep pendidikan interaksional dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, salah satu di antara jenis-jenis pendekatan kualitatif adalah penelitian perpustakaan (library research) atau disebut juga dengan riset non reaktif. Kemudian cara pengumpulan berbagai data dan informasi akan dilakukan melalui studi dokumentasi, yaitu penelaahan terhadap referensi-referensi yang berhubungan dengan fokus permasalahan penelitian. Dokumen-dokumen yang dimaksud adalah buku-buku primer (sumber utama) dan sekunder (sumber pendukung) yang membahas tentang pendidikan interaksional dan kurikulum rekonstruksi sosial serta tentang pendidikan Islam. Dari penelitian ini terdapat beberapa hasil penelitian, di antaranya: adanya relevansi antara tujuan pendidikan interaksional dengan sasaran pendidikan Islam, relevansi antara kurikulum pendidikan interaksional dengan kurikulum pendidikan Islam, relevansi antara materi pendidikan interaksional dengan materi pendidikan Islam, relevansi antara metode/ strategi pendidikan interaksional dengan metode pendidikan Islam, relevansi antara peran guru pendidikan interaksional dengan peran guru pendidikan Islam, relevansi antara kedudukan peserta didik dalam pendidikan interaksional dengan peserta didik pendidikan Islam, dan relevansi antara evaluasi pendidikan interaksional dengan evaluasi pendidikan Islam serta penerapan pendidikan interaksional dalam pendidikan Islam di Indonesia.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||||
Keywords: | Pendidikan interaksional; relevansi; pendidikan Islam | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:53 | ||||||||
Last Modified: | 03 Nov 2023 09:01 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13638 |
Actions (login required)
View Item |