This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tsany, Fahmil (2016) ENGLISH SLOGANS OF GADGET PRODUCTS ON PRINTED ADVERTISEMENTS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrac.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang jenis - jenis arti yang digunakan di slogan iklan gadget berbahasa Inggris seperti, telefon gengam, laptop, tablet dan kamera. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa bertanyaan berikut: (1) apa tipe arti yang digunakan dalam slogan iklan gadget berbahasa Inggris? (2) apa interpretasi arti dari slogan iklan gadget berbahasa Inggris?Penelitian ini menerapkan pendekatan deskripsi kualitatif. Data diambil dengan memilih iklan slogan gadget berbahasa Inggris: telefon genggam, laptop, tablet dan kamera. Data diambil dari majalah PC Media edisi Januari – Maret 2016 serta brosur, spanduk dan papan iklan di Hitech mall Surabaya (pusat pembelanjaan gadget) pada tanggal 23 Mei 2016. Analisis ini menerapkan teori Leech (1974) tentang klasifikasi makna. Teori ini digunakan untuk menganalisis jenis jenis makna yang digunakan pada sogan berbahasa Inggris. Teori lain yang digunakan adalah Gooddard (1998 & 2003) untuk menganalisis tentang bahasa iklan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa interpretasi arti dari beberapa slogan gadget berbahasa Ingris sesuai dengan kwalitas produk. Sedangkan sebagian slogan memiliki arti terpendam. Dari 24 slogan ditemukan tiga jenis arti yang paling sering digunakan, antara lain conceptual, connotative dan affective. Arti konseptual ditandai dengan mencantumkan jeni dan nama atau merk produk yang ditawarkan. Arti konotatif ditandai dengan kata kata yang tidak behubungan dengan produk. Arti dari konotatif lebih bukan makna yang sebenarnya lebih pada makana tersirat. Peneliti menemukan bahwa teks slogan memiliki makna konotatif yang posistif tentang manfaat dari produk. Sedangkan makna afektif ditandai dengan ungkapan pribadi tentang apa yang dirasakan melalui slogan produk seolah olah merek telah menggunakannya. Bagaimanapun smua slogan memilki pesan positif sebagai sarana pembujuk untuk menjual produk.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Linguistik | ||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab | ||||||
Depositing User: | Tsany Fahmil Ilmi | ||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2016 03:50 | ||||||
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13742 |
Actions (login required)
View Item |