KONSEP ILMU LADUNNI MENURUT AL GHAZALI : TELAAH ATAS KITAB “AL RISALAH AL LADUNNIYYAH”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihin, Imam (2016) KONSEP ILMU LADUNNI MENURUT AL GHAZALI : TELAAH ATAS KITAB “AL RISALAH AL LADUNNIYYAH”. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Sains telah berkembang begitu pesat, dengan sains seolah-olah manusia telah mampu menaklukkan dunia. Paham demikian didominasi oleh Sains Barat. August Comte, sebagai salah satu dari tokoh sains Barat menyatakan bahwa fase pertama manusia adalah Agama, kemudian metafisika, dan terakhir adalah positivistik. Positivistik adalah kesempurnaan dari fase manusia modern. Kaum Positivistik melupakan sisi pembentuk manusia yaitu unsur material dan immaterial (metafisika). Dari fenomena yang terjadi tersebut, peneliti fokus pada tiga hal, yaitu: mengetahui konsep Ilmu menurut al-Ghazali, mengetahui konsep Ilmu Laduni menurut al-Ghazali, dan mengetahui tahapan-tahapan Ilmu Laduni menurut al-Ghazali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis teks. Analisis teks bertujuan menggambarkan struktur dan konten untuk memahami teks dari kitab yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis inter-teks. Analisis inter-teks dihadirkan dalam rangka menggambarkan ide-ide yang memiliki hubungan antara satu teks dengan teks yang lain dalam kitab yang sama. Setelah menelaah konsep ilmu ladunni dari kitab ar-Risalah al-Ladunniyah karya al-Ghazali kemudian dibandingkan dengan beberapa konsep yang relevan dengan pembahasan ini, akhirnya peneliti mengambil beberapa kesimpulan: Pertama, Konsep ilmu menurut al-Ghazali adalah persepsi (penyaksian) yang sama-sama aktif antara subjek dan objek. Hal itu serupa dengan konsep penyaksian yang ditawarkan oleh Suhrawardi. Suhrawardi menambahkan ungkapan “sadar”, sedangkan al-Ghazali mengistilahkan dengan “tenang”. Kedua, konsep ilmu ladunni menurut al-Ghazali adalah pengajaran Tuhan bagi jiwa yang bersih, sedangkan jiwa bersih adalah fitrah manusia. Dalam konsep ilmu ladunni yang ditawarkan oleh al-Ghazali terdapat tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: Al-Mukasyafah (penyaksian), An-Nur (cahaya), dan Al-Ta’lim (pengajaran). Ketiga, tahapan-tahapan dalam memperoleh ilmu ladunni ada tiga, yaitu: Tahapan pertama, yaitu perolehan seluruh ilmu dan pengambilan bagian paling sempurna dari yang ada. Tahapan kedua, yaitu hendaknya selalu memperbanyak latihan yang benar dan introspeksi yang benar pula. Dan Tahapan ketiga, yaitu melalui tafakkur yang benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihin, Imamsholihinimam69@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Sholihin Imam
Date Deposited: 15 Sep 2016 02:24
Last Modified: 19 Oct 2016 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13991

Actions (login required)

View Item View Item