INTEGRASI PENGETAHUAN ISLAM EKSOTERIS DAN ESOTERIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafaq, Hammis (2012) INTEGRASI PENGETAHUAN ISLAM EKSOTERIS DAN ESOTERIS. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 5 Fix bagus_5.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Seyyed Hossein Nasr, seorang pemikir Muslim, dalam karyanya Traditional Islam, juga berbicara tentang adanya dualisme, yaitu dualisme antara yang ilmiah dan non-ilmiah, antara yang rasional dan spiritual, antara yang sakral dan yang profan, antara theosentrisme dan anthroposentirsme. Maksud dari tulisannya di buku itu adalah mencoba untuk mempersandingkan antara yang eksoteris dan esoteris, religious dan duniawi, Barat dan Timur, sakral dan profan, modern dan tradisional, dengan menempatkan nilai-nilai Islam di tengah-tengah persandingan itu. Menarik sekali untuk diungkap apa yang dilakukan oleh Seyyed Hossein Nasr, karena antara eksoterisme dan esoterisme dalam kajian Islam, sebagaimana disebutkan pada judul karya ini, dapat dijelaskan dengan istilah aspek luaran dan dalaman. Yang luaran diwakili oleh penamaan, sedangkan yang dalaman hanya bisa dimengerti melalui proses pemaknaan. Pendek kata, dua aspek itu diwakili oleh dua kata, yaitu nama (aspek luaran) dan makna (aspek dalaman).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafaq, HammisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengetahuan Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2016 02:06
Last Modified: 22 Sep 2016 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item