Kajian rutin Kitab Nashaih Al Ibad terhadap peningkatan kualitas keagamaan masyarakat Rungkut Kidul Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baihaqi, Muhammad (2016) Kajian rutin Kitab Nashaih Al Ibad terhadap peningkatan kualitas keagamaan masyarakat Rungkut Kidul Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sector yang paling penting dalam pembangunan nasional dan menjadi andalan utama yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, dimana iman dan taqwa kepada Allah Swt menjadi sumber motivasi disegala bidang. Kajian rutin kitab nashaih al-ibad merupakan sarana meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt serta memperdalam pengetahuan atau ilmu tentang agama islam, sehingga mendapatkan pengetahuan yang bermanfaát untuk mengenal ciptaan dan kebesaran Allah, sehingga kemudian mendorong manusia untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dengan menghiasinya dengan akhlak yang terpuji dan membersihkan diri dari akhlak yang tercela dalam bahasa kaum sufi dikenal dengan istilah tahliyah dan takhliyah. Skripsi ini dalam penelitiannya bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah “ Kajian Rutin Kitab Nashaih Al-Ibad Terhadap Peningkatan Kualitas Keagamaan Masyarakat Rungkut Kidul Surabaya.” Penelitian yang dilakukan peneliti kali ini menggunakan pendekatan fenomenologis. fenomenologi memiliki dua makna, sebagai filsafat sains dan sebagai metode penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang diteliti kali ini merupakan penelitian kualitatif interaktif, yaitu studi yang mendalam dengan menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari subjek dalam lingkungan alamiahnya. Peneliti menginterpretasikan fenomena-fenomena bagaimana orang mencari makna daripadanya. Jenis strategi penelitian yang digunakan peneliti sepanjang penelitiannya adalah strategi studi lapangan kualitatif. Yaitu metode spesifik yang diterapkan peneliti seperti pengumpulan data dalam bentuk kualitatif melalui observasi partisipan secara mendalam di lokasi penelitian. Dalam penelitian ini, subyek penelitiannya adalah seluruh jama’ah putra dan putri yang berjumlah 50 orang. Sedangkan objek penelitian atau latar penelitian terletak di mushalla Baiturrahman Rungkut Kidul Surabaya. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket (Questioennaire) yang telah ditry-outkan untuk diuji validitas dan reliabilitas, serta menggunakan wawancara kualitatif terstruktur. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis taksonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktualisasi kajian rutin kitab nashaih al-ibad terhadap peningkatan kualitas keagamaan jama’ah di mushalla Baiturrahman Rungkut Kidul Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baihaqi, Muhammad--D01211020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kitab Nashaih Al Ibad; kualitas keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2016 06:59
Last Modified: 07 Nov 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14095

Actions (login required)

View Item View Item