This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Naimah, Izzatun (2016) Profil pemecahan masalah kreatif siswa SMP Negeri 3 Kertosono pada materi bangun datar tak beraturan menggunakan tangram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (845kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Pemecahan masalah kreatif merupakan suatu upaya memecahkan masalah menggunakan cara-cara yang kreatif melalui enam tahap oleh Osborn-Parners. Tangram merupakan sebuah permainan puzzle yang terbentuk dari sebuah persegi. Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan profil proses pemecahan masalah kreatif siswa SMPN 3 Kertosono yang memiliki kemampuan geometri tinggi pada materi bangun datar tak beraturan menggunakan tangram, (2) mendeskripsikan profil proses pemecahan masalah kreatif siswa SMPN 3 Kertosono yang memiliki kemampuan geometri sedang pada materi bangun datar tak beraturan menggunakan tangram, dan (3) mendeskripsikan profil proses pemecahan masalah kreatif siswa SMPN 3 Kertosono yang memiliki kemampuan geometri rendah pada materi bangun datar tak beraturan menggunakan tangram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengambilan subjek diberikan tes kemampuan geometri kepada 36 siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kertosono. Berdasarkan hasil tes kemampuan geometri serta saran guru diambillah 2 subjek dari masing-masing kategori. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah kreatif, dan wawancara yang diberikan kepada keenam subjek tersebut. Sebelum diberikan tes pemecahan masalah kreatif telah diberikan permainan tangram sebagai pengantar karena tidak semua siswa biasa bermain atau menggunakan tangram. Data hasil penelitian merupakan data deskriptif mengenai profil pemecahan masalah kreatif siswa pada materi bangun datar tak beraturan menggunakan tangram berdasarkan tahapan pemecahan masalah kreatif Osborn-Parners. Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh, siswa yang memiliki kemampuan geometri tinggi berhasil melalui proses pada setiap tahapan dan mampu menjawab dengan benar, siswa yang memiliki kemampuan geometri sedang telah melalui proses pada setiap tahapan, namun jawabannya kurang tepat dikarenakan adanya kekurangan pada tahap menemukan gagasan, dan penerimaan, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan geometri rendah telah melalui proses pada setiap tahapan namun jawabannya kurang tepat dikarenakan adanya kekurangan pada tahap menemukan fakta, gagasan, dan penerimaan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Naimah Izzatun | ||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2016 04:40 | ||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2019 07:23 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14121 |
Actions (login required)
View Item |