Tinjauan hukum Islam terhadap peranan lembaga tabung haji di Malaysia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Said, Siti Salmah Bt. Haji (1997) Tinjauan hukum Islam terhadap peranan lembaga tabung haji di Malaysia. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Malaysia merupakan Negara yang sedang membangun, mempunyai penduduk dari berbagai bangsa dan agama, akan tetapi mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam, Menyadari hakekat tersebut maka pemerintah Malaysia tanpa ragu, membentuk Lembaga tabung Haji yang tidak hanya bertumpu pada pengurusan haji saja malah ikut serta memajukan segala aktivitas ekonomi orang-orang Islam. Lembaga Tabung Haji merupakan sebuah Institusi untuk calon Haji menabug uang. Lembaga ini membuka tabungan bukanlah merupakan suatu yang berlebihan, tujuan utamanya ialah untuk menggalakkan orang-orang Islam agar digunakan untuk pembelanjaan jika menunaikan ibadah haji, serta memastikan uang tersebut dikembangkan menurut cara yang halal di sisi Islam. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah; 1). Sejauh manakah peranan yang dilaksanakan oleh Lembaga Tabung Haji dalam usaha memajukan ibadah Haji di Malaysia, 2). Bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap sistem ekonomi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tabung Haji dan apakah sistem itu telah sesuai dengan nilai-nilai Islam. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pejabat-pejabat, Dokumen dan Anggota (Penabung) yang sudah melaksanakan ibadah Haji. Dalam pembahasan ini teknik yang digunakan adalah teknik observasi (pengamatan). Sedangkan metode analisa datanya diperoleh dari lapangan dengan cara; 1).pengolahan data dengan editing, yakni memeriksa kembali data-data yang diperoleh dengan cermat, 2). Pengumpulan data dengan cara mengatur dan menyusun data-data yang diperoleh dalam kerangka penulisan yang telah direncanakan sebelumnya. Metode pembahasannya dengan Metode Deskriptif (merekam fakta), Metode Induktif (mengemukakan kenyataan yang bersifat khusus kemudian disimpulkan ke yang bersifat umum), Metode verifikasi (perananLembaga Tabung Haji ditinjau dari segi hukum Islam). Dari hasil kesimpulan pembahasan ini adalah 1). Sebagian besar peranan yang dijalankan oleh Lembaga Tabung Haji telah memajukan pelaksanaan ibadah Haji umat Islam di Malaysia. Peranan yang dilaksanakan adalah bermula dari pengumpulan uang, persiapan untuk pemberangkatan ke Tanah uci hingga kembali ke Tanah Air, 2). Sistem ekonomi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tabung Haji menurut Hukum Islam adalah boleh karena aktivitas ekonomi tersebut memisahkan antara riba dan perdagangan. Aktivitas tersebut memberikan keuntungan bagi kedua belah fihak yang sama-sama rela atas pelaksanannya dan sistem itu sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Said, Siti Salmah Bt. Haji--011932254
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMarsani, Marsani----
Subjects: Hukum Islam
Haji
Keywords: Hukum Islam; Haji; Lembaga Tabungan Haji
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:27
Last Modified: 30 Sep 2020 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item