Fi'aliyah Istikhdam Thariqah Al Istijabah Al Jasadiyah Al Kamilah Fi Maharah Al Lughah Al Arabiyah : Bahts Tajriby Fi Al Madrasah Al Aliyah Al Hukumiyah Surabaya - Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Muchammad Nur (2016) Fi'aliyah Istikhdam Thariqah Al Istijabah Al Jasadiyah Al Kamilah Fi Maharah Al Lughah Al Arabiyah : Bahts Tajriby Fi Al Madrasah Al Aliyah Al Hukumiyah Surabaya - Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Metode adalah merupakan salah satu alat yang sangat urgent dalam suatu proses pengajaran, karena mengajar dengan memakai metode yang baik dan relevan akan menghasilkan suatu proses pengajaran yang baik pula. Adapun metode itu sangat beragam macamnya, setiap metode pengajaran memiliki sudut pandang tersendiri dalam mensikapi materi yang akan diajarkan. Dalam artian bedanya materi yang akan diajarkan menyebabkan berbeda pula metode pengajarannya, begitu pula dengan tujuan pengajaran ataupun tingkatan jenjang pendidikannya membutuhkan metode pengajaran yang berbeda pula. Dan asumsi inilah yang melatar belakangi penelitian ini. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin sekali mencoba menerapkan suatu metode baru yang belum begitu dikenal dan diterapkan guru bahasa Arab dalam proses pengajarannya, terutama dalam pengajaran maharah. Apalagi - sebagaimana yang telah peneliti ketahui – kemampuan berbahasa arab yang dimiliki oleh para siswa bisa dikatakan sangat minim sekali, dan hal ini dilatarbelakangi oleh banyak masalah baik itu dari diri para siswa sendiri yang mana mereka tidak memiliki ghiroh (minat,ketertarikan) terhadap bahasa arab maupun dari sistem pengajarannya dimana metode yang diterapkan guru dalam pengajaran bahasa arab selalu tetap dan tidak pernah berubah, hal inilah yang menyebabkan para siswa malas dan merasa bosan dengan pelajaran bahasa arab. Berdasarkan hasil penelitian, dimana peneliti telah melakukan beberapa langkah untuk studi percobaan ini yaitu melakukan pre test diawal terhadap para siswa yang akan diuji coba untuk mengetahui kemampuan dasar mereka dalam maharah, kemudian dilanjutkan dengan uji coba metode respon badan dalam pengajaran maharah, setelah itu peneliti mengakhirinya dengan memberikan post tes terhadap mereka untuk mengetahui dampak dari penerapan metode respon badan tersebut, dan setelah peneliti menganalisis penelitian ini baik dari segi proses pengajarannya maupun dari perbandingan nilai siswa dari pre tes dan post tes yang dianalisis dengan menggunakan T tes, peneliti mendapatkan hasil bahwa penerapan metode respon badan pada pengajaran maharah sangat efektif terutama bagi para siswa yang kemampuan berbahasa arabnya masih rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Muchammad Nurhuda02@yahoo.co.idF16214192
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id / bimanese@gmail.com / bimanese@yahoo.com2009097501
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Huda Muchammad Nur
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:55
Last Modified: 11 Dec 2019 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14219

Actions (login required)

View Item View Item