Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan penitipan anak di tempat Penitipan Anak Balita Sandhy Putra Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elvirawati, Lely (1995) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan penitipan anak di tempat Penitipan Anak Balita Sandhy Putra Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penitipan anak mulai berkembang di Indonesia, terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya dan kota lainnya. Adapun Tempat Penitipan Anak (TPA) Balita Sandhy Putra merupakan salah satu tempat penitipan anak yang ada di Surabaya, tepatnya berlokasi di Ketintang, Kecamatan Wonokromo, kotamadya Surabaya. Banyak para ibu yang berkarier di luar rumah, mempunyai balita. Pada saat berdinas, mereka menitipkan balitanya dengan harapan anak dijaga, dirawat dan diasuh, sehingga kesejahteraan anak terpenuhi. Tugas menjaga, merawat danmengasuh balita-balita tersebut diserahkan kepada para perawat balita, dengan diberikan imbalan (upah) atas pekerjaan mereka. Oleh karena itu, tentunya dalam pelaksanaan tersebut diharapkan tidak menyimpang dari aturan Hukum Islam itu sendiri, terkecuali bila ada faktor-faktor tertantu yang dapat mempengaruhi sikap dan tindakan mereka, sehingga menyimpang dari norma-norma yang ada. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah; 1). Sejauh manakah pelaksanaan penitipan anak balita di Tempat Penitipan Anak Balita Sandy Putra, Ketintang Surabaya pada tahun 1995. 2). Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap pelaksanaan penitipan anak balita di Tempat Penitipan Anak Balita tersebut. Adakah penyimpangan-penyimpangan dari norma-norma menurut Hukum Islam. Sumber Data yang akan digali bersumber pada Penanggung Jawab TPA, Ibu Balita, Perawat Balita dan Dokumenatasi-dokumentasi. Teknik Penggalian datanya menggunakan Interview, Kuesioner dan Dokumenter. Metode analisa datanya diperlukan metode Editing, Pengorganisasian data, Analisa lanjutan (menganalisis bahan-bahan hasil pengorganisasian data untuk perumusan deskripsi hasil riset tentang pelaksanaan anak balita. Kesimpulan dalam pembahasan ini adalah 1). Tempat Penitipan Anak Balita Sandy Putra Surabaya memberikan pelayanan pengasuh pengganti sementara kepada para ibu yang berkarier di luar rumah dan mempunyai balita. Pada saat berdinas, ibu balita menitipkan balitanya di TPA agar dijaga, dirawat dan diasuh dan diserahkan kepada perawat balita Sandhy Putra. 2). Berdasarkan riset, bahwa dalam pelaksanaan penitipan anak di TPA Balita Sandy Putra Surabaya, tidak terdapat penyimpangan-penyimpangan dari norma-norma Hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elvirawati, Lely--019100153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMachfudz, Muchsin----
Subjects: Hukum Islam
Pendidikan > Anak
Keywords: Hukum Islam; Tempat Penitipan Anak (TPA)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:19
Last Modified: 16 Apr 2020 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item