JEJAK REFORMASI DALAM LINTASAN SOSIO-HISTORIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syam, Nur (2010) JEJAK REFORMASI DALAM LINTASAN SOSIO-HISTORIS. In: General legislative and executive papers, 30 Juni 2010, Surabaya – Indonesia. (Unpublished)

[img] Text
JEJAK REFORMASI DALAM LINTASAN SOSIO-HISTORIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
Official URL: https://core.ac.uk/download/pdf/34212134.pdf

Abstract

Dua belas tahun sudah Reformasi digulirkan di negeri kita tercinta, berbagai peristiwa yang merupakan konsekuensi pemenuhan agenda reformasi silih berganti mengisi panggung kehidupan berbangsa dan bernegara. Akan tetapi untuk mewujudkan harapan besar rakyat melalui Reformasi bukanlah hal mudah, setidaknya sampai saat ini belenggu kemiskinan masih melilit bangsa. Potret kemiskinan di kota-kota besar ditandai dengan menjamurnya rumah-rumah semi permanen di bantaran sungai dan sisi rel kereta api, banyaknya anak jalanan, pengemis dan gelandangan. Selain kemiskinan, maraknya praktek korupsi di berbagai lini, dapat dilihat mulai dari pengurusan KTP di Kelurahan, calo di berbagai layanan publik, uang suap untuk meloloskan perijinan, manipulasi pajak ataupun mengawal perkara di dunia peradilan. Kekacauan dalam sistem ketatanegaraan, dan melencengnya sendi perekonomian nasional sedikit banyak juga diakibatkan oleh amandemen UUD 1945 yang tidak sistemik dan hanya bersifat parsial. Menyikapi kondisi ini tentunya diperlukan penataan ulang dan “pengembalian ke rel yang benar” dari produk turunan hasil dari amandemen UUD 1945. Dan terlebih penting lagi menegakkan jiwa reformasi agar tetap sejalan dengan tujuan didirikannya Republik ini sebagaimana tercantum dalam alinea ke empat Pembukaan UUD 1945. Mari kita laksanakan pembangunan demi sebesar-besar kemakmuran rakyat dan menegakkan kedaulatan ekonomi agar kedaulatan kita yang lain tidak terjajah oleh pihak manapun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syam, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Amandemen UUD; Reformasi
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:01
Last Modified: 08 Nov 2016 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item