Korelasi antara kecerdasan intelektual (IQ) dan Self-Regulated Learning dengan kemampuan menghafal Al Quran siswa Pondok Tahfidz Yanbuul Quran Anak-Anak Kudus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyaihah, Musyaihah (2016) Korelasi antara kecerdasan intelektual (IQ) dan Self-Regulated Learning dengan kemampuan menghafal Al Quran siswa Pondok Tahfidz Yanbuul Quran Anak-Anak Kudus. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musyaihah F13214138 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Inteligensi atau kecerdasan intelektual merupaka salah satu kemampuan mental, pikiran, atau intelektual dan merupakan bagian dari proses-proses kognitif pada tingkatan yang lebih tinggi. Dalam proses pendidikan inteligensi diyakini sebagai unsur penting yang sangat menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Dalam penelitian ini keberhasilan dalam menghafal al-Qur’an. Sedangkan Self regulated learning merupakan kemampuan siswa dalam mengatur belajar, sehingga dapat mencapai tujuan dalam menghafal al-Qur’an. Namun kenyataan yang terjadi, siswa penghafal al-Qur’an belum sadar akan tuntunan hafalan dan tanggung jawab yang harus ia emban. Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan self regulated learning, 2. Untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan kemampuan menghafal al-Qur’an, 3. Untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara self regulated learning dengan kemampuan menghafal al-Qur’an, 4. Untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) dan self regulated learning dengan kemampuan menghafal al-Qur’an siswa Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Anak-anak Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder. Populasi yang digunakan adalah siswa Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Anak-anak Kudus berjumlah 279 siswa laki-laki, sampel yang digunakan berjumlah 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes IQ, angket dan non tes (penilaian unjuk kerja), dan dokumentasi. Metode tes IQ digunakan untuk mengumpulkan data variabel kecerdasan intelektual (IQ), angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel self regulated learning, non tes (penilaian unjuk kerja) digunakan untuk mengumpulkan data variabel kemampuan menghafal al-Qur’an, dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pondok, struktur organisasi, peraturan, jumlah siswa, dan pencapaian hafalan siswa. Hasil penelitian ini adalah, 1. Terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan self regulated learning siswa PTYQ anak-anak Kudus dengan nilai sig. 0,015 < 0,05, 2. Terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan Kemampuan Menghafal al-Qur’an siswa PTYQ anak-anak Kudus dengan nilai sig. 0,022 < 0,05, 3. Terdapat korelasi yang signifikan antara self regulated learning dengan Kemampuan Menghafal al-Qur’an siswa PTYQ anak-anak Kudus dengan nilai sig. 0,035 < 0,05, 4. Terdapat korelasi yang signifikan secara bersama-sama antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan self regulated learning dengan Kemampuan Menghafal al-Qur’an siswa PTYQ anak-anak Kudus dengan nilai sig. 0,048 < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyaihah, Musyaihahwildan866@yahoo.co.idF13214138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kecerdasan intelektual (IQ); Self-Regulated Learning
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Musyaihah Musyaihah
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:54
Last Modified: 14 Nov 2023 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item