Pesan dakwah di media televisi: analisis framing ceramah Mamah Dedeh tentang poligami pada acara Mamah Aa Beraksi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Eko Agoes (2016) Pesan dakwah di media televisi: analisis framing ceramah Mamah Dedeh tentang poligami pada acara Mamah Aa Beraksi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Agoes Setiawan_F17214200 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mamah Dedeh merupakan pendakwah dalam salah satu televisi dan merupakan pendakwah wanita yang cukup dikenal, poligami merupakan masalah yang masih menjadi perdebatan di masyarakat. Penelitian ini ingin mengetahui framing yang diberikan Mamah Dedeh dalam masalah poligami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan framing Robert N. Entman. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa Mamah Dedeh memahami masalah poligami sebagai masalah keadilan, ekonomi, keturunan, legitimasi sunnah rasul dan juga kehendak Allah SWT, kemudian sebab masalah poligami adalah kemampuan ekonomi, ijin dari istri, istri tidak mampu memberikan keturunan, lelaki gengsi disalahkan, kesalahan memahami sunnah rasul dan ujian atau kehendak Allah SWT, untuk penilaian moral dalam poligami adalah mendapatkan stroke separuh tubuh, meninggal akan miring sebelah, pemberian label suami genit atau kebesaran nafsu, dan dimadu mendatangkan penyakit, serta solusi yang diberikan untuk masalah poligami adalah menikah satu saja jika tidak mampu adil, harus ijin istri terlebih dahulu, suami istri periksa kedokter, menjalankan sunnah rasul selainnya seperti berdakwah/ bersedekah/ mengurus anak yatim dan fakir miskin serta banyak beribadah, dan yang terakhir adalah bersabar dengan berfikir positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Eko Agoeseko.agoes92@gmail.comF17214200
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, LilikUNSPECIFIED2017127301
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Media Massa
Keywords: Framing; poligami; Mamah Dedeh
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Setiawan Eko Agoes
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:47
Last Modified: 06 Nov 2023 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14363

Actions (login required)

View Item View Item