Pengaruh implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan, sosial dan budaya peserta didik di SMPN 1 Tragah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Hikmatul (2016) Pengaruh implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan, sosial dan budaya peserta didik di SMPN 1 Tragah Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatul Munawaroh_F03213066 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tragah Bangkalan?, (2). Bagaimana Perilaku Keagamaan, Sosial, dan Budaya Peserta Didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan?. (3). Bagaimana Pengaruh Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan, Sosial, dan Budaya di SMP N 1 Tragah Bangkalan?, Maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Sampel: 75 siswa. Variabel Peneletian: 1.Variabel Bebas: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. variabel terikat : perilaku keagamaan, sosial, dan budaya peserta didik. Pengukuran Variabel: perilaku peserta didik dengan menggunakan angket. Sumber Data: responden, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data : Metode angket, observasi, interview, dokumentasi. Teknik analisis data: Menggunakan analisis deskriptif, uji hipotesis dan metode induktif dengan bantuan statistic melalui rumus Mean dan Korelasi Product-Moment. Hasil Penelitian: 1. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tragah Bangkalan sudah cukup baik dibuktikan dengan adanya perangkat pembelajaran PAI dan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 35,98 dengan kriteria “sedang”.2. Dari perilaku Peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan terdiri dari tiga kesimpulan berdasarkan pengambilan angket: a) perilaku keagamaan di SMP N 1 Tragah Bangkalan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 85,01. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.b) Perilaku sosial siswa di SMP N 1 Tragah Bangkalan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 83,4. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.c) Perilaku budaya pada diri peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 25,36. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.3. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat rendah”. 4. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosial peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat tinggi”.5. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku budaya bangsa siswa di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat rendah”.6. Ada korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan, perilaku sosial, dan perilaku budaya peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat rendah”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Hikmatulhikmahmumun89@gmail.comF03213066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; perilaku peserta didik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munawaroh Hikmatul
Date Deposited: 24 Nov 2016 08:10
Last Modified: 06 Nov 2023 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item