Komunikasi krisis lembaga dakwah dalam mengatasi isu-isu negatif: studi kasus Lembaga Dakwah Islam Indonesia Surabaya dalam mengatasi isu negatif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Rizky (2016) Komunikasi krisis lembaga dakwah dalam mengatasi isu-isu negatif: studi kasus Lembaga Dakwah Islam Indonesia Surabaya dalam mengatasi isu negatif. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Saputra_F17214210 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keberadaan organisasi dakwah Islam menjadi sangat penting dalam melestarikan dan menebarkan nilai–nilai Islam kepada masyarakat melalui implementasi berbagai program, kebijakan maupun pemikirannya. Setiap organisasi dalam mencapai tujuannya, tidak terlepas dari faktor penghambat baik dari internal maupun eksternal, termasuk organisasi dakwah LDII yang selama ini di isukan negatif. Meskipun faktanya LDII masih eksis keberadaannya akan tetapi isunya tidak pernah hilang. Penelitian ini akan mengulas bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh LDII dalam menghadapi situasi krisis ini menggunakan teori Komunikasi Krisis Situasional. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LDII lebih banyak melakukan pilihan strategi Non – existence strategies (LDII menolak adanya tuduhan atau isu negatif yang selama ini dialamatkan kepada LDII), Distance strategies (organisasi LDII mengakui adanya krisis dan berusaha untuk memperlemah hubungan antara organisasi dengan krisis yang terjadi), dan Ingratiation strategies (LDII berusaha mencari dukungan publik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Rizkykiki.1.xavier@gmail.comF17214210
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. AliUNSPECIFIED2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Komunikasi Islam > Komunikasi
Penyiaran Islam
Keywords: Komunikasi krisis; LDII; isu negatif
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Saputra Rizky
Date Deposited: 30 Nov 2016 08:00
Last Modified: 03 Nov 2023 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

View Item View Item