This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ummah, Azizatul (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PENDIDIKAN DASAR DI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah proses pengembangan pembelajaran PAI berbasis problem posing dalam meningkatkan kreativitas siswa pendidikan dasar di Sidoarjo. 2) Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan pengembangan pembelajaran PAI berbasis problem posing dalam meningkatkan kreativitas siswa pendidikan dasar. 3) Bagaimanakah kreativitas siswa setelah pembelajaran problem posing pendidikan dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan karena tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajran berupa RPP dan LK. Penelitian pengembangan ini menggunakan model desain Thiagarajan. Model Thiagarajan terdiri dari 4 tahap yang dikenal dengan model 4-D (four D model). Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Untuk memperoleh data penelitian menggunakan 5 teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, validasi ahli, observasi, angket, dan tes. Wawancara digunakan untuk memperorleh data tentang proses pengembangan pembelajaran PAI berbasis problem posing. Validasi ahli digunakan untuk memperoleh data tentang kevalidan dan kepraktisan RPP dan LK. Observasi digunakan untuk memperoleh data selama proses uji coba yang meliputi aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks RPP, dan observasi kreativitas siswa. Angket respon siswa digunakan untuk memperoleh data selama proses uji coba. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil bahwa RPP dan LK dapat dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan. Sedangkan kreativitas siswa berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan kreativitas siswa sedang dan tinggi mengalami peningkatan pada post test.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Kreativitas Siswa; Pembelajaran Problem Posing | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Ummah Azizatul | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2016 08:04 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2016 08:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14537 |
Actions (login required)
View Item |