Efektifitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Kawung 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadli, Akhmad (2016) Efektifitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Kawung 2 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
F03214010 Akhmad Fadli ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Selama ini pelaksanaan pendidikan agama yang berlangsung di sekolah masih mengalami banyak kelemahan. Kegagalan ini disebabkan karena praktik pendidikannya hanya memperhatikan aspek kognitif semata dari pertumbuhan kesadaran nilai-nilai (agama), dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan Psikomotorik, yang mana anak dilatih untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.Berdasarkan pada latar belakang di atas maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Kawung 2 surabaya? 2) Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran berasis masalah di SMP Kawung 2 Surabaya? 3) Bagaimana model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Kawung 2 surabaya? 4) Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah di SMP Kawung 2 Surabaya? 5) Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan analisis siswa? 6) Bagaimana efektifitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Kawung 2 surabaya? Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kawung 2 Surabaya. Dengan menggunakan penelitian eksperimen. Yaitu dimana subjek penelitian ada yang diberi perlakuan (kelas eksperimen) dan ada yang tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Meningkatkan kemampuan Analisis Siswa di Siswa Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP Kawung 2 Surabaya, oleh karena itu model pembelajaran berbasis masalah sangat bagus penerapanya sehingga menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadli, Akhmadfafifa05@gmail.comF03214010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; meningkatkan kemampuan analisis; SKI
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadli Akhmad
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:29
Last Modified: 01 Nov 2023 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14556

Actions (login required)

View Item View Item