Relevansi kemukjizatan Al Quran dengan perkembangan sains: studi Tafsir Al Mishbah karya Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Mohamad (2016) Relevansi kemukjizatan Al Quran dengan perkembangan sains: studi Tafsir Al Mishbah karya Quraish Shihab. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Fikri_F05212097 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Corak penafsiran mengalami perkembangan selain dengan riwayat dan pendapat. Corak penafsiran yang saat ini terlihat mampu mengungkapkan hakikat Al-Qur’an berupa tafsir ilmiah. Namun ada beberapa Ulama yang tidak setuju dengan kemunculan corak penafsiran ketiga ini, salah satunya yaitu M. Quraish Shihab. Meskipun demikian dia menyebutkan informasi-informasi atau penafsiran yang terkait dengan perkembangan sains. Hal ini menarik untuk ditelusuri corak penafsiran Quraish Shihab secara umum dan khususnya mengenai sains dalam Al-Qur’an. Penafsiran kedua hal tersebut terkait dengan perkembangan zaman dan tak terlepas dari kemukjizatan Al-Qur’an yang masih eksis hingga saat ini untuk seharusnya disingkap dan dijelaskan aspek-aspek yang terkandung di dalamnya untuk menjawab fenomena dan probelmatika zaman ini. Demikian ini mendasari perlu diadakannya penellitian dari segi kemukjizatan Al-Qur’an, relevansinya dan metode penafsiran M. Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah meskipun dia tidak setuju dengan tafsir ilmiah. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada semantik dan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek kemukjizatan Al-Qur’an menurut M. Quraish Shihab, diantaranya aspek kebahasaan, aspek pengetahuan yang diinformasikan dalam Al-Qur’an, berita-berita ghaib dan kisah-kisah masa lampau. Semuanya dapat diketahui menurutnya diantaranya melalui munasabat baik ayat dengan ayat, maupun surat dengan surat. Bahkan aspek tersebut menurutnya terlihat dalam kebahasaan dan susunan yang dimiliki oleh ayat Al-Qur’an. Oleh sebab itu perlu diungkapkan dan agar dapat dipahami oleh masyarakat luas, maka corak penafsirannya menggunakan obyektifis modernis yaitu dengan aspek sosial masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Mohamadmynamefikri@gmail.comF05212097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, AswadiUNSPECIFIED2012046001
Subjects: Fisika
Tafsir
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Mukjizat; Tafsir Al Misbah; Quraish Shihab; sains
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fikri Mohamad
Date Deposited: 23 Jan 2017 04:14
Last Modified: 09 Nov 2023 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14650

Actions (login required)

View Item View Item