Agama dan syariat Nabi Isa AS dalam perspektif Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juhairiyah, Juhairiyah (2017) Agama dan syariat Nabi Isa AS dalam perspektif Al Quran. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Juhairiyah_F15214175 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap nabi dan rasul yang di utus oleh Allah swt. mengemban misi dan tugas tertentu untuk disampaikan kepada para umatnya untuk membimbing mereka kepada jalan yang benar agar manusia memperoleh keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat. Setiap nabi yang diutus oleh Allah swt. dalam menyampaikan risalahnya dibekali dengan berbagai mukjizat. Namun, karena sifat manusia yang cenderung berlebihan, ada sebagian yang beriman dan adapula yang ingkar. Nabi Isa as. adalah salahsatu nabi yang diutus kepada Bani Isra’il dengan membawa ajaran syariat agama. Namun, ajarannya telah banyak disimpangsiurkan oleh pengikutnya. Bahka nmereka menempatkan Nabi Isa as. sama dengan kedudukan Tuhan. Ini merupakan sifat yang berlebihan dan penyelewengan terhadap ajaran yang dibawanya. Al-Qur’an menjelaskan kebenaran tentang risalah-risalah keTuhanan yang dibawa oleh para Nabi. Termasuk di dalamnya yang berkaitan dengan agama dan syariat yang dibawa oleh Nabi Isa as.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Agama apakah yang dibawa oleh Nabi Isa as.dalam al-Qur’an? 2. Bagaimanakah syariat agama Nabi Isa as. dalam al-Qur’an?. 3. Bagaimana sikap Bani Isra’il terhadap ajaran agama dan syariat yang dibawa oleh Nabi Isa as. dalam al-Qur’an? Tujuannya adalah mengetahui secara mendalam tentang agama dan syariat Nabi Isa as. yang terdapat dalam al-Qur’an sehingga diperoleh petunjuk tentang kebenaran syariatnya yang telah banyak disimpangsiurkan oleh para pengikutnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan dan menggunakan metode penelitian tafsir tematik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Agama yang dibawa oleh Nabi Isa as. adalah agama Islam; 2. Syariat agama Nabi Isa as. adalah melanjutkan syariat Taurat, membenarkan ajaran Taurat dan diturunkan pula kepadanya syariat Injil untuk menyempurnakannya; 3. Sikap Bani Isra’il terhadap ajaran agama dan syariat Nabi Isa as. terbagi dua, ada yang menerima (yaitu orang-orang Nasrani) dan ada yang menolak (yaitu orang-orang Yahudi). Sungguhpun kajian tentang agama dan syariat Nabi Isa as. telah dipaparkan sedemikian rupa, namun masih banyak celah yang menuntut adanya kajian berikutnya sebagai bentuk pengembangan dengan menggunakan metode dan pendekatan yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juhairiyah, Juhairiyahjuhairiyah.joe@gmail.comF15214175
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. RidlwanUNSPECIFIED2017085003
Subjects: Nabi dan Rasul
Keywords: Nabi Isa as.; syariat agama; sikap Bani Israil
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Juhairiyah Juhairiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:07
Last Modified: 01 Nov 2023 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item View Item