Teknik modelling untuk mengurangi perilaku adiktif dota gamer di perumahan Suko Asri Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardimas, M. Rizka Nur (2017) Teknik modelling untuk mengurangi perilaku adiktif dota gamer di perumahan Suko Asri Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Rizka Nur Ardimas_B03213013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses konseling dengan teknik modelling dalam mengurangi perilaku adiktif seseorang terhadap game online di perumahan Suko Asri kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo ? (2) Bagaimana hasil akhir proses konseling dengan teknik modelling dalam mengurangi perilaku adiktif seseorang terhadap game online di perumahan Suko Asri kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo ?Untuk membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif mengupas studi kasus warga di perumahan Suko Asri kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo. Penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan teknik modelling dengan jenis live model(model langsung) dan untuk penguatanya ditambang dengan symbolic model untuk mengatasi kecanduan game online. Peneliti meminta seseorang sebagai model agar konseli dapat meniru tingkah laku yang dicontohkan. Analisa data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan sebelum dan sesudah proses Bimbingan dan Konseling dengan teknik modelling untuk mengurangi kecanduan terhadap game online. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan terapi Behavior dengan teknik Modelling, dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat mengubah perilakunya yang terjadi pada saat mempunyai perilaku adiktif. Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis,treatment/terapi dengan teknik modelling yaitu menggunakan model yang kemudian konseli mengadaptasi perilaku dari model (2) Hasil akhir dari proses konseling dengan teknik modelling dalam penelitian ini cukup berhasil ,yang mana hasil tersebut dapat terlihat dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap dan perilaku klien yang sebelumnya menjadi pecandu terhadap game online lalu sekarang menjadi seseorang yang lebih bisa mengendalikan nafsunya untuk bermain game online dan mengisi wakktu luangnya dengan kegiatan yang lebih positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardimas, M. Rizka Nurdimasaaf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Teknologi
Keywords: Teknik modelling; perilaku adiktif; game online
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ardimas M. Rizka Nur
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:44
Last Modified: 08 Nov 2018 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item