This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qomariyah, Qomariyah (2016) Penerapan metode Role Playing untuk mengembangkan prilaku sosial anak usia dini di TK PGRI Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Qomariyah_F03212056 ok.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Adakah pengembangan perilaku sosial melalui metode bermain peran di TK PGRI Kecamatan Blega. (2) Mengetahui implementasi metode bermain peran dalam pengembangan perilaku sosial di TK PGRI Kecamatan Blega. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Dengan teknik analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B TK PGRI Kecamatan Blega dengan jumlah siswa 27 anak.. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Metode bermain peran dapat mengembangkan perilaku sosial peserta didik di TK PGRI Kecamatan Blega. Pengembangan perilaku sosial peserta didik dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik. Pada siklus I aktivitas peserta didik mencapai 73,9% yang menunjukkan bahwa perilaku sosial peserta didik mulai berkembang. Sedangkan pada siklus II aktivitas peserta didik meningkat menjadi 92,59% yang berarti bahwa perilaku sosial peserta didik sudah berkembang sangat baik. 2) Implementasi metode bermain peran dalam pengembangan perilaku sosial di TK PGRI Kecamatan Blega sudah berjalan dengan baik. Penerapan metode bermain peran ini mengedepankan aktifitas peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan secara kolektif, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik. Peran guru dalam pembelajaran sebagai sutradara yang mengatur setiap adegan dan mengarahkan peserta didik sehingga bisa mengambil pelajaran dari aktifitas bermain peran tersebut.. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi informasi dan masukan bagi para tenaga pengajar yang ingin memperbaiki kualitas pembelajaran. Metode bermain peran dapat diterapkan dalam pembelajaran guna mengembangkan perilaku sosial peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Metode Role playing; prilaku sosial | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Qomariyah Qomariyah | ||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2017 02:41 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:13 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15097 |
Actions (login required)
View Item |