Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) dan perannya dalam dakwah Islamiah: penanganan wanita PSK di Dolly Kecamatan Sawahan Surabaya 2005-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asholiha, Rohma Tunurus (2017) Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) dan perannya dalam dakwah Islamiah: penanganan wanita PSK di Dolly Kecamatan Sawahan Surabaya 2005-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohma Tunurus Asholiha_A02213082 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian sejarah. Permasalahan yang akan dibahas yaitu, (1) Bagaimana asal-usul beridinya perkumpulan ‘Aisyiyah (PCA) Kecamatan Sawahan? (2) Apa tujuan berdirinya perkumpulan ‘Aisyiyah (PCA) Kecamatan Sawahan? (3) Bagaimana peran Pimpinan Cabang Sawahan (PCA) Kecamatan Sawahan dalam dakwah islamiah mengangkat derajat PSK di Dolly? Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan metode historis, yaitu suatu langkah atau cara merekontruksi masa lampau secara sistematis dan objektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi dan bersifat kualitatif. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori peranan yang dijelaskan oleh Soerjono Soekamto. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, (1) Perkumpulan ‘Aisyiyah Sawahan semula merupakan sebuah kelompok pengajian rutin ibu-ibu Muhammadiyah di kelurahan Petemon Tegalsari Kecamatan Sawahan yang dibimbing oleh Ibu Hj Amini Kurtomo. (2) Tujuan didirikannya ‘Aisyiyah Sawahan selain sebagai media dakwah Islam dalam perkembangan zaman yang jauh dari syariat Islam, juga untuk menegakan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujudnya masyarakat utama, adil, dan makmur yang diridhai Allah. (3) Peran Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Sawahan dianggap sangat penting bagi PSK di Dolly. (a) keagamaan dengan memberikan pendidikan keruhanian pada pengajian rutin yang diadakan khusus bagi mantan PSK setiap hari Jumat di Panti Asuhan Muhamadiyah Putat Jaya, mengembangkan desa percontohan Islam di jalan Putat Jaya, meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam pengajian.(b) Sosial dengan memberikan kegiatan pelatihan memasak yang diadakan di Panti Asuhan Muhammadiyah Putat Jaya, memberikan santunan serta mengembangkan pola pencegahan bagi PSK Dolly. (c) Ekonomi dengan menciptakan lapangan pekerjaan, untuk menindaklanjuti hasil dari pelatihan memasak ‘Aisyiyah menempatkan beberapa mantan PSK sebagai juru masak di Panti Asuhan Putat Jaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asholiha, Rohma Tunurussolicharahma@gmail.comA02213082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, LailatulUNSPECIFIED2013116301
Subjects: Budaya Organisasi
Dakwah > Dakwah - Islam
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pimpinan Cabang Aisyiyah; PCA; dakwah Islamiah; Dolly; PSK
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Asholiha Rohma Tunurus
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:07
Last Modified: 10 Nov 2023 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15111

Actions (login required)

View Item View Item