This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Choiriyah, Lailatul (2017) PERSEPSI JAMA'AH RUTINAN JUM'AT TERHADAP RETORIKA KH. MUHAMMAD CHUSAINI ILYAS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (733kB) | Preview |
Abstract
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah retorika yang digunakan kiai atau mengolah dan memilih kata yang tepat untuk mempersuasi mad’u agar pesan dakwah yang disampaikan dapat mencapai target keberhasilan dakwah. Ada beberapa fenomena di masyarakat yang di sana menyebutkan tentang betapa pentingnya retorika yang menjadikan keberhasilan dakwah dari seorang da’i. Sebut saja KH. Zainuddin MZ. dengan julukannya da’i sejuta umat, atau Ustad Jefri Al-Bukhori dengan penghargaan dari masyarakat setelah beliau berpulang ke rahmatullah. KH. Muhammad Chusaini Ilyas adalah seorang tokoh ulama’ yang cukup sukses dalam menyampaikan dakwahnya, terbukti dari banyaknya jama’ah yang mengikuti pengajian beliau. Ada dua rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu : a. Bagaimana persepsi jama’ah rutinan Jum’at terhadap retorika KH. Muhammad Chusaini Ilyas?, b. Apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi jama’ah rutinan Jum’at terhadap retorika KH. Muhammad Chusaini Ilyas?, Untuk menjawab pertanyaan ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa persepsi jama’ah rutinan Jum’at terhadap retorika KH. Muhammad Chusaini Ilyas meliputi gaya bahasa yang digunakan beliau menggunakan gaya bahasa percakapan dan juga gaya bahasa berdasarkan nada, yaitu gaya menengah. Kemudian terdapat beberapa faktor utama yang memberi pengaruh terhadap pembentukan persepsi jama’ah rutinan Jum’at terhadap retorika KH. Muhammad Chusaini Ilyas, yaitu faktor penerima (the receiver), faktor situasi (the situation), dan faktor objek sasaran (the target). Rekomendasi dalam penelitian ini mengharapkan agar peneliti lain bersedia meneruskan penelitian ini, ataupun objek yang lain menggunakan pendekatan atau metode lain. Tentunya penelitian selanjutnya lebih baik lagi dari pada penelitian ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Dakwah Dakwah > Dakwah bil Lisan |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||
Depositing User: | Choiriyah Lailatul | ||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2017 04:41 | ||||||
Last Modified: | 14 Feb 2017 04:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15176 |
Actions (login required)
View Item |