This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Umar, Desy Noorhayati (2014) IMPLEMENTASI TEKNIK BEHAVIOR DENGAN PROSEDUR CONTRACT UNTUK MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH (PR) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) PAWIYATAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (34kB) | Preview |
Abstract
Behavioral Contract (Kontrak Perilaku) adalah persetujuan antara dua orang atau lebih (konselor dan konseli) untuk mengubah perilaku tertentu pada konseli. Teknik behavior contract ini merupakan salah satu teknik dari pendekatan konseling terapi behavioral yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan perilaku maladaptif pada diri klien/konseli yang berkeinginan merubah perilaku
tersebut menjadi lebih baik.
Dalam penelitian ini, peneliti mecoba mengamati pelaksanaan teknik behavior contract yang diterapkan konselor pada siswa yang memiliki motivasi rendah dalam mengerjakan PR. Pada diri individu yang kurang memiliki motivasi, itu merupakan suatu perilaku yang kurang baik, karena motivasi pada diri sangat dibutuhkan untuk mendorong semangat kita mencapai suatu tujuan.
Banyak siswa yang mengaku tugas yang diberikan oleh guru itu banyak, tidak dapat memahaminya, dan lain-lain. Guru memberi tugas seperti PR itu bukan bertujuan untuk membebani siswa, akan tetapi melatih siswa untuk lebih giat lagi untuk belajar di rumah, selain itu agar siswa dapat memahami labih jelas tentang
materi yang telah disampaikan guru di kelas.
Teknik behavior contract ini mencoba membantu siswa yang memiliki motivasi
rendah dalam mengerjakan PR. Dengan berbagai tahapan yang dilakukan seorang
konselor diharapkan teknik ini dapat merubah perilaku maladaptif siswa tersebut
menjadi perilaku yang adaptif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, adapun
informan penelitiannya adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, dan siswa.
Dan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penerapan teknik behavior contract yang diterapkan konselor kepada
siswa yang memiliki masalah tersebut sudah terlihat perubahan yang baik, dengan
bukti yang sebelumnya jarang mengerjakan PR, setelah mendapat konseling siswa
sudah lebih giat untuk mengerjakan PR. Meskipun masih ada beberapa siswa yang
belum dapat membiasakan perilaku baru mereka secara menetap namun sudah lebih
baik dari sebelumnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Hanun Asroah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Behavior Contract; Motivasi Belajar; Motivasi Rendah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2015 09:09 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2015 09:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1519 |
Actions (login required)
View Item |