Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pisa level 3

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Aniyatuz (2017) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pisa level 3. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu penting sebagai dasar dalam berbagai bidang terutama IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Pentingnya ilmu pengetahuan dan pengalaman seseorang membuat negara-negara di dunia sangat menbutuhkan evaluasi dalam bidang pendidikan. Evaluasi ini digunakan untuk merumuskan kebijakan yang mendukung terciptanya sumber daya manusia yang mampu bersaing terhadap era globalisasi. Penilitian ini fokus pada PISA yang merupakan salah satu penilaian tingkat internasional yang diselenggarakan tiga-tahunan. Pada kajian PISA tahun 2012, Indonesia telah mengalami peningkatan dengan menduduki peringkat 15 terbawah. Hasil ini menunjukan pencapaian yang masih rendah, artinya hanya mampu mencapai level 3. Sehingga sekolah-sekolah di Indonesia yang menerapkan PISA biasanya menggunakan PISA level 3 itupun hanya berapa persen yang mampu menyelesaikan soal PISA tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA level 3 dan mengetahui alternatif untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan 6 subjek yang terdiri dari 2 siswa yang berkemampuan tinggi, 2 siswa yang berkemampuan sedang dan 2 siswa yang berkemampuan rendah pada kelas IX-I di SMPN 26 Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukan bahwa adanya kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA level 3. 1) Kesulitan pada tahap transformasi yaitu siswa tidak mampu menentukan rumus atau operasi yang digunakan dengan benar, 2) kesulitan tahap keterampilan proses yaitu siswa tidak mampu menggunakan rumus atau operasi dengan benar, dan 3) Kesulitan pada tahap encoding yaitu siswa tidak mampu menuangkan jawaban atau solusi dengan benar. Penelitian ini menunjukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan pada tahap tertentu. Setelah mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, ini sangat membantu guru dalam menentukan alternatif untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, Aniyatuzaniyatuz.zakiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zakiyah Aniyatuz
Date Deposited: 20 Feb 2017 03:32
Last Modified: 27 Jan 2020 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15313

Actions (login required)

View Item View Item